Racuan Si Blog
Comments 3

Master Plan Pemekaran Blog

Genap setahun blog ini tidak aktif. Tidak ada artikel baru, tidak ada rencana, tidak berubah. Kasihan sekali. Entah kenapa hilanh girah untuk menulis setahun belakang. Demi membangkitkan kembali rasa ingin menulis dan menungkatkan jumlah tulisan yang ada, saya ingin menjalankan sebuah strategi yang sangat briliant: mengurangi artikel.

Wait, hear me out.

Sejarah Blog

Blog ini sudah berumur 10 tahun maret kemarin. Dari awal memang tidak ada fokus di blog. Ya blog pribadi aja, apa yang pingin ditulis, apa yang kepikiran saat itu, apa yang lagi diminati ya tulis aja gitu.

Pandangan ini pun tertuang di halaman tentang si Blog Kemaren Siang ini. Dengan statemen misi (dulu, sekarang, masa depan) yang tidak berubah sejak 2012. Statemen tersebut kalau dikutip intisarinya “tulisan saya jauh lebih bermanfaat untuk orang dibanding sekarang yang isinya acak tak jelas” dan “tapi harus tetap enjoy bagi saya”.

Tahun 2013, blog ini mencapai milestone 100.000 views. Akhir tahun 2019 ini sepertinya akan mencapai 2.000.000 views. Statistik bulanan bisa dilihat di gambar di bawah. Tahun 2012, 2013 adalah tahun paling rajin saya menulis, seratus artikel lebih per tahun. Total artikel yang ada di blog ini sekarang adalah 500 artikel. Namun kepadatan pengunjung ada pada tahun 2015, 2016.

Statistik lengkap blog ini dari tahun lahir

Tahun 2017, saya mencoba paket wordpress premium seharga 900 yen per bulan. Dengan paket ini domain blog pindah dari albadrln.wordpress.com ke albadr.blog. Pengen nyobain WordAds juga, biar semakin semangat menulisnya kan? Lumayan juga kalau dapat imbalan dari iklan berjumlah yang sama dengan biaya si paket WordPress per tahun.

Yang ternyata sangat susah… Sudah hampir 3 tahun baru dapat 50 dolar. Setahun belakang juga entah kenapa jumlah iklan yang ditampilkan berkurang dengan faktor 1000. Jadi tidak mendapat apa-apa, mungkin ya karena nggak ada artikel yang nambah. Ternyata domain baru dan prospek iklan tidak berkorelasi dengan semangat menulis.

Saya pun duduk menganalisa diri, apa yang bikin kita saya semangat atau malas menulis ya. Teori saya yang terbaru adalah sebagai berikut.

Hipotesa Malam Menulis

Blog ini terlalu bebas. Tidak ada topik tertentu, tidak ada ketentuan tertentu. Kualitas dan panjang artikel pun berbeda.

Semakin lama menulis semakin kuat keinginan untuk menulis sesuatu yang mendalam dan bermanfaat, sesuai si statemen misi di atas. Tentu saja artikel kayak gitu sulit dan sangat lama kalau mau di tulis. Namun, mengingat blog ini random, walaupun artikel berkualitas tinggi yang diharapkan bisa diselesaikan, wadah untuk publikasinya kurang menggariahkan. Dipos pun nanti akan terkubur dengan artikel lain yang nggak jelas.

Hal ini menyebabkan draft di blog ini terus menumpuk (setidaknya itu teorinya). Sekarang ada 35 draft lebih di artikel ini yang saya juga nggak ingat mau menulis apa aja.

Misalnya, saya ingin menulis artikel teknis tentang programming. Rasanya agak aneh kalau artikel tersebut bersanding bersama artikel tentang racauan, becandaan, atau lain-lain. Jadi, saya jadi malas menulisnya.

Ringkasan Topik

Sebenarnya tidak benar juga kalau dibilang blog ini random. Setidaknya dalam lima tahun belakang bisa dianalisa tren topik yang muncul disini. Coba saja cek di beranda blog pada September 2019 ini.

Beranda blog 2019 September, tidak berubah dari 2018

Jika Anda dari masa depan dan beranda sudah banyak berubah, cek gambar berikut untuk melihat lebih jelas.

Kaki blog dengan jumlah artikel per kategori

Juga bisa dilihat jumlah artikel di kategori di atas. Serta statemen topik di kaki blog. Bisa disimpulkan bahwa topik yang banyak dibahas disini adalah tentang Jepang dan tentang bahasa. Artikel terpopuler pun tentang bahasa.

Rencana Pemekaran

Jika kita mencari tips-tips blogging, salah satu tips yang paling umum adalah tentukan niche Anda. Dengan kata lain tentukan satu topik khusus yang Anda suka dan mungkin disukai orang. Lalu, tulis dan bahas topik tersebut dan hanya topik tersebut. Satu topik tapi luas dan dalam.

Nah, topik yang paling banyak saya tulis akhir-akhir ini adalah seperti yang dibahas di atas. Kayaknya ide bagus kalau saya buat sistem untuk mendorong saya menulis lebih banyak tentang topik tersebut. Yaitu, buat blog yang khusus membahas topik tersebut!

Ditambah lagi pertimbahan berikut. Kerenan mana? Punya satu blog dengan isi 500 artikel. Atau punya 5 blog bertopik khusus yang masing-masing punya minimal 100 artikel. Yang kedua kayaknya.

Ya jadi itulah stategi supaya saya rajin menulis lagi dan menambah artikel blog. Dengan mengurangi artikel! Artinya, memindahkan artikel dengan topik tertentu dari blog ini ke blog lain.

Renca awal saya adalah memekarkan dua blog dahulu.

Menurut perkiraan awal, kedua topik tersebut mencakup sekitar 40 dan 60 artikel. Lumayan untuk benih awal sebuah blog dengan niche tertentu.

Strategy, execute!

Blog sudah lumayan disiapkan dan link bisa diklik di atas. Namun, saya akan membuat artikel berbeda untuk mengenalkan kedua blog tersebut secara resmi. Secara tiga bulan mendatang, rencananya migrasi artikel akan selesai dan artikel original kan ditutup dari blog ini.

Keinginan untuk menulis artikel teknis tentang programming dan teknologi informasi? Nah kayaknya sangat lebih baik kalau ditulis di blog yang khusus untuk topik tersebut!

Bonus

Strategi memekarkan blog ini juga memiliki beberapa bonus bagi saya.

Bonus 1, target audience dan bahasa pengantar. Dari dulu saya galau sebaiknya tulis blog pakai bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Nah, kalau blog dengan niche tertentu saya bisa menentukan target audience dan bahasa pengantar yang berbeda.

Misalnya, wisata di Jepang saya ingin pembaca dari Indonesia dan Internasional. Jadi mungkin saya akan menulis dengan kedua bahasa, dengan language switcher. Topik bahasa Indonesia? Ya pakai bahasa Indonesia tok.

Bonus 2, belajar tekonologi hosting. Saya pengen belajar AWS atau GCP atau hosting WordPress lainnya. Sambil menulis sambil belajar. Dan mungkin bisa membandingkan antar layanan hosting tersebut.

Jadi Blog Ini Bakal Diapain?

Saya masing ingin punya satu blog pribadi yang fokus ke diri sendiri. Mengejawantah pikiran dan opini. Juga kejadian-kejadian unik yang saja alami di sekitar. Sesuai dengan tagline sekarang, Random Serious Topic and Around Me and About Me.

Singkatnya, tidak banyak berubah.

Namun, karena topik yang mendominasi 5 tahun belakang akan migrasi, saya ingin mengedepankan topik dan artikel lain yang pernah saya tulis ke beranda blog. Misalnya tentang disain bendera 33 provinsi di Indonesia. Dan jalan-jalan di Indonesia.

Mungkin topik tersebut akan dimekarkan ke blog lain di masa depan.

Juga artikel tentang Jepang tidak akan semuanya pindah ke blog baru tentang wisata Jepang. Saya ingin si blog sharp focus tentang situs-situs wisata di Jepang serta tips jalan-jalan dan tinggal di Jepang. Jadi, artikel fun fact atau opinionated senada dengan Alert Gempa dan Tronton Baliho agak kurang tepat untuk di blog tersebut.

Jadi semoga saja blog ini akan tetap hidup dan berkembang. Semoga…

3 Comments

  1. Ping-balik: Memperkenalkan altravel.tokyo | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.