Keren Unik Lucu Wow
Comments 2

Kerennya Sertifikat JLPT, Kalau Dikopi Langsung Ada Tulisan “Copy”-nya

Kemaren saya mencoba memindai sertifikat JPLT. Sebelumnya, berikut adalah foto (dengan kamera) dari sertifikat tersebut. Normal dan standar saja bukan? Tidak ada yang istimewa. Ya iya la yaw, cuma N5 kok. Jadi bisa dipastikan ini bukan pamer ya…

JLPT-Photo

Nah, ternyata sertifikat ini nih kalau disken atau difotokopi langsung muncul tulisan copy-copy-copy-copy-copy nya.

Nama minuman? Nama cewek? Atau Conoco Philips?

Bukan lah. Tanda kalau dia berkas salinan.  Otomatis boi, langsung keluar. Berikut fotonya, biar nggak bambang.

JLPT-Photokopian

Yang ini potretan dari sebuah fotokopian

JLPT-Scanan

Kalau yang ini disken

Wow ya? Saya juga baru tahu setelah setahun punya ini kertas.

Gimana caranya ya? Kayaknya dia memanfaatkan cara kerja si scanner yang membutuhkan sorotan cahaya dari bawah di ruang tertutup (di dalem lid scanner). Ya udah, kasih aja bagian kertas yang tak bisa tembus cahaya di bagian yang mau ditulisi. Atau pake jeruk nipis? Tapi kalau pun diterawang nggak keliatan loh… Ciyus!

Kayaknya sih tekstur yang di atas kertasnya ada yang bersifat memantulkan cahayanya deh atau sifat dengan cahaya tertentu beda… Bagian yang bertulisan copy nya itu…

Hmm.. Pokoknya keren juga ya…

Formulir pendaftarannya JLPT tuh juga keren loh. Kan ada berlapis-lapis tuh. Nah, kalau kita nulis di lapisan paling atas lapisan bawah-bawahnya juga tertulis. Dan itu tanpa menggunakan karbon! Bisa ya…

Wow…

2 Comments

    • Yoi, sejenis TOEFL tapi untuk bahasa jepang win. JLPT = Japanese language proficiency test. Resmi dari pemerintah jepang. Diadakan setahun dua kali, juli sama desember.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s