Racuan Si Blog
Tinggalkan sebuah Komentar

Memperkenalkan altravel.tokyo

Melanjutkan rencana pemekaran blog ini, berikut adalah blog yang akan fokus ke tema: hidup dan wisata di Jepang.

Lima tahun belakang, saya tinggal, kuliah lalu kerja di Jepang. Awal-awal saya suka jalan-jalan. Tidak heran kalau lumayan banyak artikel tentang lokasi wisata negeri sakura yang saya kunjungi.

Artikel tersebut mendetail, lumayan panjang, dan banyak foto-foto serunya. Namun, karena Blog Kemaren Siang ini temanya beragam artikel tersebut terkubur di bawah. Nah, dengan pemekaran ini saya akan punya satu blog khusus travelling. Travelog, tapi fokus untuk Jepang.

Berikut adalah tautan travelog baru saya.

https://altravel.tokyo

Pengennya blog ini tidak cuma berisi tentang wisata doang. Tapi juga tentang kehidupan di Jepang secara umum.

Hanya saja mungkin artikel pendek dan kurang genah akan tetap dipos di blog pribadi Blog Kemaren Siang ini. Nggak di si altravel.tokyo. Contoh seperti tulisan berikut: Lampu merah tapi hijau, Sikat gigi di Jepang nggak-ada yang bener, atau Orang Jepang tidak semuanya suci. Jadi yang netral-netral aja deh, haha.

Ada banyak backlog alias antrian tulisan yang saya ingin tulis tentang niche wisata dan hidup di Jepang ini.

Dari sisi wisata aja, ada beberapa seri perjalanan waktu kuliah yang belum sempat saya tuangkan ke blog. Kemudian, mumpung saya lagi hidup di Tokyo saya juga ingin membahas tempat wisata Tokyo satu persatu. Gara-gara rencana pemekaran blog ini, kayaknya jadi semangat lagi deh mau keliling-keliling kota!

Dari sisi kehidupan, mungkin mau fokus ke tips dan pengalaman yang kira-kira bisa diambil hikmah dan manfaatnya kali ya. Misalnya tentang kuliah atau cari kerja. Atau ya sekedar tentang Jepang yang agak susah diketahui kalau nggak nongkrong lama disini.


Blog altravel.tokyo ini awalnya akan diisi dengan 33 artikel tentang Jepang yang pernah saya publikasi di blog kemaren siang ini. Separuh di antaranya adalah seri perjalanan dengan tiket pemuda 18 (seishun 18 kippu) yang saya laksanakan waktu masih muda dulu kuliah S2 dulu. Satu ke daerah Kansai. Satu ke tepi barat Jepang dan Hiroshima.

Blog ini niatnya akan bilingual. Saya akan menerjemahkan ke-33 artikel awal ke bahasa Inggris. Sekarang sudah 4 artikel yang diterjemahkan. Setelah semua penerjemahaan selesai, artikel baru akan ditulis dan dipos dalam kedua bahasa dalam waktu bersamaan (rencanya sih begitu, semoga nggak males).

Berikut adalah daftar artikel yang sudah dipindahkan ke travelog yang baru.

Berikut adalah artikel tentang Jepang yang ditulis di awal-awal saya tinggal di Jepang. Termasuk saat saya terbang ke Jepang yang sangat bikin capek. Masih awal-awal datang ke festival Jepang di Toyohashi, Tahara dan Futagawa. Juga pertama kalinya pergi ke wisata alam di Jepang yaitu Kawaguchi-ko dan Arashiyama .

Setelah itu tentu saja saya banyak datang ke festival dan wisata lain, tapi sayangnya belum ada tulisannya. Mungkin nanti deh, mumpung ada si travelog. Yang ada adalah situs berikut.

Berikut adalah beberapa artikel membahas lokasi-lokasi di Nagoya. Sayangnya artikel di bawah ini ditulis saat saya di Toyohashi. Saya jadi menyesal sekarang pas tinggal di Nagoya selama satu tahun saya nggak menulis lebih banyak tentang kota ini.

Well, saya masih menyimpan foto-foto tempat di Nagoya. Mungkin nanti di altravel.tokyo bakal saya pos, kalau masih ingat cerita dan detail tentang tempatnya.

Dan berikut adalah seri perjalanan ke daerah Kansai. Nyobain kota Kyoto, Kobe, Nara, dan Osaka. Ini perjalanan 18 kippu pertama saya. Tulisan utama ada pada artikel Semangat Jiwa Muda 18 Kippu ~ Liburan Musim Dingin: Kansai dan selanjutnya sebagai berikut.

  1. Kyoto: Arashiyama di Musim Dingin
  2. Kobe: Harborland, Bianglala, dan Museum Kapal
  3. Kobe: Shin-Kobe Ropeway dan Nunobiki Herb Garden
  4. Osaka: Makan Malam ala Xinjiang di Muqam dan Tabehoudai Bagus Resto
  5. Pusat Perbelanjaan Namba ~ Ternyata Jepang Bisa Kotor Juga
  6. Osaka Aquarium Kaiyukan dan Lagi-lagi Bianglala-la
  7. Tiga Penginapan Berbeda saat Liburan Musim Dingin: Kansai
  8. Enam Jam Berjalan Kaki Keliling Nara
  9. Kyoto: Fushimi Inari Taisha di Tahun Baru
  10. Kyoto: Kiyomizu Temple, Kuil Tanpa Paku Pun Sebatang

Dan berikut adalah seri perjalanan ke daerah Hokuriku-Chugoku, pantai barat Jepang hingga ke Hiroshima. Tulisan utama ada pada artikel Jalan-jalan di Jepang: Hokuriku~Chugoku dan selanjutnya sebagai berikut.

  1. Matsumoto Castle
  2. Kanazawa: Kastil Bersalju, Taman Kenroku, Museum Aneh, dan Stasiun Modern
  3. Gosong Amanohashidate dan Pagoda Salju
  4. Wisata di dalam Kereta Akamatsu, Kyoto Tango Railway
  5. Tottori Sand Dune, Gurun di Pinggir Laut
  6. Tottori Sand Dune Museum ala Rusia
  7. JR Imbi Line, Perjalanan Es dari Tottori ke Hiroshima
  8. Hiroshima Shukkeien Park
  9. Pemandangan Indah Pulau Miyajima
  10. Museum Tragedi, Hiroshima Atomic Museum
  11. Kota Hiroshima, Kastil, dan Taman Perdamaian

Tautan di atas saya daftar begitu supaya si Google menemukan tautan dari albadr.blog ini ke altravel.tokyo

Dengan publikasi artikel perkenalan ini, tautan original di Blog Kemaren Siang dari tulisan di atas telah dibuat privat, sehingga tidak bisa diakses lagi. Ini supaya artikel tidak duplikat dan si Google-bot nggak mengira kalau tulisan yang di blog baru itu tulisan curian.

Namun, ini sebenarnya kan artikel sama, pindah URL doang. Saya belum tahu gimana caranya untuk memberitahu si mbah (kalau pindah tapi inti artikel dan yang punya sama). Saya cari-cari, salah satu caranya adalah membuat redirect dari URL lama ke URL baru. Akan tetapi, Blog Kemaren Siang ini kan memakai jasa wordress.com yang tidak memberikan fitur seperti itu. Tidak bisa akses langsung ke servernya juga, misal untuk buat file .htaccess atau apa. Jadi saya pasrah aja deh…


Oh ya, berikut adalah logo travelog nya.

Just in case you miss it. Itu tr-nya bentuk jalan raya kayak peta yang ditemui jalan tol itu. Keliatan mirip kan? Keliatan kan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.