Racuan Si Blog
Tinggalkan sebuah Komentar

Memperkenalkan alnuansa.com

Sesuai dengan rencana pemekaran Blog Kemaren Siang ini, sebelumnya saya mengumumkan blog yang befokus dengan wisata dan hidup di Jepang, yakni altravel.tokyo. Melanjutkan seri tersebut, kali ini saya akan memperkenalkan blog dengan tema bahasa. Mungkin sudah ditebak dari judul, alamat si situs adalah sebagai berikut.

https://alnuansa.com

Sesuai namanya, blog ini akan membahas nuansa yang ada antar kata dan kalimat pada bahasa Indonesia, atau dibandingkan dengan bahasa lain (Inggris dan Jepang). Kata “nuansa” disini bukan berarti “suasana” seperti yang banyak salah dipakai orang. Kata “nuansa” disini berarti perbedaan halus, sesuai dengan artikel yang pernah saya tulis berjudul Nuance dan Nuansa.

Artikel ini umumnya akan menggunakan bahasa pengantar Indonesia. Ya wong bahasnya banyak bahasa Indonesia… Jadi targetnya juga orang Indonesia deh.

Blog alnuansa.com ini akan diawali dengan sekitar 60 artikel bahasa dari blog ini. Sebenarnya agak berat juga memindahkan tulisan tersebut dari sini kesana. Soalnya trafik besar ke Blog Kemaren Siang ini dalam 2-3 tahun belakang adalah di artikel ttg bahasa ini. Cek aja tulisan teratas blog. Jadi kalau artikel tersebut dipindah, bisa-bisa blog ini kehilangan 50% pengunjung lebih.

Tapi ya nggak apa-apa deh… Tujuan mekar ini kan (1) supaya lebih rajin menulis dan (2) belajar pelbagai teknologi hosting.

Berikut adalah daftar artikel yang dipindahkan dari Blog Kemaren Siang ke alnuansa. Tautan di bawah adalah tautan di blog alnuansa, dan artikel original sudah dibuat private. Saya tulis daftar pranala begini supaya si GoogleBot tahu kalau ada kaitan/tautan antara blog ini dan blog baru.

Diskusi Bahasa

Gramatika Tata Bahasa

Kosa Kata

Indonesiawi

Blog dan Menulis

Komparasi dan Asing

Sosial, Politik, Lain-lain

Karena temanya adalah nu.an.sa dan pengantar bahasa Indonesia, kayaknya saya juga ingin memperluas lingkup bahasan ke nuansa sosial dan politik juga. Sekali lagi, nuansa disini bukan berarti suasana, tapi perbedaan halus. Jadi pengennya ada bahasan perbandingan tentang pendapat-pendapat dalam sosial atau politik di Indonesia. Jadi bahas nuansa kedua sisi. Misalnya, pro-kontra RUU KPK atau pindah ibukota (pengen nulis tapi kok terlalu masih terlalu beresiko ricuh).

Sebenarnya bisa dianggap juga kalau si tema “nuansa sosial politik” itu terlalu jauh berbeda dengan “nuansa kosa kata dan gramatika”. Lebih baik dibuat di blog beda yg khusus bahas ttg itu kan. Cuma kebanyakan blog rempong juga ngurusnya. Tulisannya juga masih belum ada. Jadi ya disana juga dulu deh, rencananya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.