Bulan: September 2018

Kelupaan Uang di ATM

Suatu hari saya pergi ke ATM SMBC. Saya tarik uang 10.000 yen, pencet-pencet-pencet, kartu ATM keluar bersama dengan receipt. Oke, saya ambil dan kemudian pergi, naik ke kantor. Waktu itu bulan puasa. Malamnya saya buka di warung India dekat kantor. Makan malam mutton briyani. Saat selesai dan mau bayar, saya cek dompet. Lho, kok nggak ada uang? Perasaan tadi siang ambil uang kan ya… Hmm… (Untung recehan yang ada masih pas untuk bayar) Keluar toko saya penasaran. Bener kan? Tadi siang ambil uang. Bukan ilusikan? Terus habis itu kaga belanja apa apa… Buka dompet juga mungkin kagak. Masa uang kertas bisa jatuh… Perasaan terganjal. Jangan-jangan ketinggalan di ATM. Jadi saya pergi ke ATM lagi. Siapa tahu ada yang naruh uangnya disana… Pas dicek, ya nggak ada lah ya… Saya masih rahu, tapi kayaknya bener kalau ketinggalan. Lupa ngambil itu uang kertas… Entah apa yang saya pikirkan waktu itu. Kalau bener ketinggalan, mau lapor, tapi ke mana ya. Di ATM kebetulan ada telpon. Di bawahnya ada nomor telpon emergency. Ya udah dicoba telpon pake ini aja, ternyata …

Top-Up: Praktik Menggandakan Uang?

Misalnya nih, dunia kita cuma satu desa, dengan tiga komponen: penduduk, pemerintah, dan perusahaan. Desa berisi 100 orang penduduk. Setiap orang punya uang 10.000 yen. Total  satu juta yen. Uang di pemerintah dan perusahaan mesin top-up ada masing-masing satu juta yen lagi. Jadi total uang di ekonomi adalah tiga juta yen. Masing-masing penduduk mengisi kartu top-upnya 5000 yen. Mereka pergi ke mesin top-up, masukin selembar 10.000 tadi dan dapat kembalian 5000 yen. Uang masing-masing penduduk tetap, 5000 tunai dan 5000 di dalam kartu. Jadi satu juta yen milik penduduk tetap kan ya? Sampai disini masih logis. Pemerintah nggak ngapa-ngapain di skenario ini. Jadi uang mereka tetap. Nah, buat mengisi kartu tadi pendudukan ngasih uang ke mesin tuh 10.000 dan dapat kembalian 5.000. Artinya si mesin bakal ketambahan uang 5.000 yen dikali 100 orang. Yup, tunai yang dimasukkan ke mesin kan nggak tiba-tiba terbakar dan lenyap. Cek lagi total uang di ekonomi: Uang penduduk: 1 juta yen Uang pemerintah: 1 juta yen Uang perusahaan: 1 juta yen Uang yang dimasukkan ke mesin: 500.000 yen Jeng-jeng-jeng… Uang …