Diskusi dan Ide, Racuan Si Blog
Tinggalkan sebuah Komentar

Bagaimana Saya Ingin Mengisi Blog Ini

This article is in Indonesian. If Indonesian is not your language, you can read this article in English here. This article is part of introduction sequence of this blog to our dear reader about the way this blog WILL be written in the far future.

Sebagaimana yang saya tulis di artikel sebelumnya, sekarang saya mengelola blog dengan sebuah garis cetakan. Saya mengikuti rencana ke depan tentang topik utama blog dan masing-masing tulisan terkaitnya. Saya juga rajin mengikuti tantangan foto untuk mengisi kekosongan blog, menambah daya tarik dengan gambar, dan mengundang mata-mata ke blog. Dengan demikian, saya dapat berhasil mengisi blog setiap hari dan melatih menulis dengan berbagai topik. Tujuan blog pun tercapai.

Pengelolaan ini cukup berhasil. Target pertama saya untuk tidak bolong menulis pada bulan Mei alhamdulillah tercapai. Jika melihat analisis statistik dari WordPress, jumlah pengunjung pada gaya pengelolaan ini pun terlihat sangat memberikan peningkatan yang tinggi. Alhamdulillah.

Mei tanpa bolong akhirnya tercapai

Akan tetapi, gaya pengelolaan seperti ini membuat saya stress. Beban pengelolaan blog terasa terlalu besar bagi saya. Misalnya saja saat menulis artikel ini, ini, dan ini, rasanya sangat menyebalkan. Tidak lancar mengeluarkan ide. Malas-malasan rasanya. Ingin ditunda-tunda. Akan tetapi, deadline selalu menghantui. Ya, analoginya seperti kamu akan mengerjakan tugas kuliah, jarang enaknya. Setelah tulisan itu jadi rasanya sangat lega. Seperti ada suatu pengalaman baru yang bertambah. Seperti karakter game saat level up. Puas karena akhirnya penulisan yang ditargetkan terasah juga. Hasilnya ya kadang lumayan dan kadang sering ancur. Perasaannya persis ketika kita berhasil mengerjakan tugas. Tugas kuliah kan intinya mengasah kemampuan kita.

Perasaan tertekan saat menulis ini sangat tidak mengenakkan. Rasanya tidak enjoy dalam menulis blog. Dahulu, saya menulis blog sekenanya. Semau saya menulis artikel yang ingin saya sampaikan ke dunia. Dengan demikian,  perasaan senang saat menulis lebih terasa. Tidak ada bebannya. Sekarang untuk menulis suatu artikel saya memerlukan waktu yang tidak sedikit. SKS-nya besar. Saya merasa perlu baca sana-sini dahulu. Memikirkan kerangka tulisan dan plot. Mencari dan menata gambar yang cocok pun lama. Entah ini berhasil atau tidak dalam menjaga kualitas tulisan di blog ini.

Untuk sementara ini, saya berencana mempertahankan gaya pengelolaan seperti ini. Semoga berhasil. Akan tetapi, untuk nantinya saya ingin lebih leluasa dalam menulis blog dengan tetap mempertahankan kerutinan pengisian blog. Blog yang bertema dan tulisannya ditulis rutin tetapi saya bahagia saat menulisnya. Entah bagaimana caranya. Saya belum menemukan trik yang bagus.

Saya juga ingin memiliki gaya tulisan yang sederhana seperti sekarang nantinya. Mudah dimengerti pembaca dan memperhatikan struktur kebahasaan. Akan tetapi, saya ingin tetap memiliki corak tersendiri seperti gaya tulisan saya yang dulu. Tetap ada kalimat frasa dan kias. Tetap membingungkan tetapi mudah dipahami. Entahlah. Saya juga sulit membayangkannya.

Yah, intinya saya hanya berharap tulisan saya jauh lebih bermanfaat untuk orang dibanding sekarang yang isinya acak tak jelas. Tentu saja dengan mempertahankan prinsip enjoy bagi saya. Seperti beberapa teman yang sudah menjadi penulis asli. Tulisan mereka dimuat dimana-mana. Bahkan ada yang sudah berhasil menerbitkan buku. Wah, ingin sekali saya seperti mereka.

Sekarang, mari berjuang dulu supaya tidak terulang lagi kesekaratan blog ini seperti yang terjadi beberapa kali di masa lampau.

Related Article

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s