Cerita Jepang
Comment 1

Cerita Pak Kimura: Universitas Sakura dan Bank Tomat

Dalam rubrik Cerita Pak Kimura ini, saya akan menceritakan cerita yg diceritakan kepada saya oleh Prof. Kimura, profesor dari Tohoku University yg tinggal di Indonesia mengepalai Tohoku University International Relation Office (TUIO) di ITB. Saya sudah bertemu dengan beliau kira-kira satu tahun untuk belajar bahasa Jepang. Beliau membuka kursus gratis di kantornya di atas IRO ITB, depan lapangan sipil. Kalau Anda mau ikutan, tunggu aja kira-kira Agustus/September. Semoga saja masih buka japanese language course-nya.

Beliau mengajar bahasa Jepang dengan bahasa Jepang (+bahasa Inggris logat Jepang sikit-sikit). Dan beliau banyak menceritakan hal-hal trivial di Jepang sana yg mungkin disini agak terlihat aneh. Nah, cerita ini yg akan saya tulis sikit-sikit.

Ceritanya beberapa berkaitan dengan kehidupan di Jepang. Saya sih belum pernah kesana. Tadinya ingin menulis cerita Prof Kim ini setelah dapat melihat langsung kebenaran cerita beliau. Namun, kayaknya butuh ngisi blog nih. Hitung-hitung juga mengisi hati di bulan ini. Jadi ya dipercepat publikasinya. Sekalian menyemangati diri kali ya, supaya cepat kesana. Aamiin.


Nah, suatu ketika di buku Minna no Nihonggo, terdapatlah sebuah teks dengan tulisan Sakura Daigaku, alias Universitas Sakura. Nah, bapaknya kemudian menyelingi dengan sedikit komentar.

Di Indonesia, penamaan organisasi masih kaku ya. Ortodox. Pakai nama daerah, misal Universitas Padjajaran. Kalau di luar, terutama Jepang sudah mulai terbuka tuh. Mulai bermunculan nama yg aneh-aneh. Pernah dengar Bank Tomat?

Bank Tomat beneran ada loh. Situsnya http://www.tomatobank.com, merupakan bank dari China yg buka di Los Angeles. Saya juga kaget dengan namanya. Ternyata Pak Kimura tidak bohong.

Kalau mendengar “Universitas Sakura” atau Sakura Daigaku kayaknya normal-normal aja ya. Coba kalau di Indonesia ada yg memakai skema nama yg serupa. Nama kembang. Universitas Melati gitu? (Kalau Universitas Kamboja kayaknya masih normal, nama negara soalnya) Ada nggak kira-kira yg mau kuliah disana?

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s