Cerita Jepang
Comment 1

WAR IS OVER!!! TURUNKAN ABEE…!!!!!!

War is over!

Tolak Perang… TOOLAAK PEERAANG!! Tolak Perang… TOOLAAK PEERAANG!! Pertahankan Konstitusi… PEERTAHAANKAN KONSTITUUSI!! Turunkan PM yang inkonsitusional. TURUNKAN PM YANG INKONSTITUSIOONAALL…!! Adakan Pemiluuu…. ADAKAN PEMILU…


Ehm. Jadi tadi (19 Mei), saya ikut demo ngeliat demo pertama kali di Jepang. Kayak gitu ternyata demo disini. Nggak begitu beda sama di Indonesia.

Cuma yang ikut bukan anak-anak muda. Kebanyakan (yg saya lihat sih) ibu bapak dan orang tua (mbah2). Tapi teriakannya masih tajam!

Topik Demo?

Saya nggak begitu jelas. Kayaknya sih tentang rencana pemerintah akhir-akhir ini untuk mengamandemen UUD’47 Jepang, terutama berkaitan tentang klausa

Dengan ini, Jepang menyangkal perang sebagai hak kedaulatan negara, selamanya.

Klausa inilah yang membuat Jepang “nggak punya” tentara, punyanya Pembela Tanah Air atau Self Defence Force. Sama aja sih kayak tentara, bedanya mereka ditujukan buat membela tanah air, karena yang disangkal adalah HAK PERANG bukan HAK MEMBELA DIRI. Secara pragmatis kali bedanya cuma JSDF ini nggak bisa di-deploy di wilayah luar Jepang, kali yak.

So… Mas Abe mengusulkan amandemen penjelasan dari Undang-undang Dasar ini. Masih nggak boleh perang, tapi self-defence boleh di dalam maupun di luar wilayah negara, asal tujuannya untuk kepentingan negara atau menolong sekutu.

Seenggaknya dengan amandemen ini, Jepang bisa nakut-nakutin China dikit. Nambah-nambah kartu kalau diplomasi. Tapi tujuannya damai kok…

Atau begitu dalihnya.

Yang sebagian masyarakat nggak setuju (atau nggak percaya?). Kabarnya demonya ramai di seluruh Jepang Mei ini [1][2][3][4][5]. Soalnya ada Hari Konstitusi di awal bulan, pas golden week kemaren.

Btw, usulan amandemen nya udah separuh disahkan lho. September kemaren sama DPR. Musim panas nanti sama MPR-nya. Mungkin bakal banyak lagi demo dalam waktu dekat kalau iklimnya masih sama. Kecuali Korea Utara makin getol mainan misilnya….

Nah. Berikut rekaman dari demo tersebut. Panjang juga pawainya. Dari saya 10 menit ada disitu aja udah ada 3 rombongan lewat, satu rombongan mungkin 50 meter panjangnya lah.

Demonya seru… Agak ada dubsteb-nya juga. Catchy lagi yang diteriakin.

SENSO HANTAI!!! KEMPO MAMORE…!!!

Bakal terngiang mimpi nih.

1 Komentar

  1. Ping-balik: Orang Jepang itu Demonya Demo-demoan | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s