Kampus Ganesha
Comments 7

Wisuda Itu Mahal

Sebentar lagi Anda akan diwisuda? Saya disini ingin memaparkan pengeluaran-pengeluaran yang terjadi dalam minggu bahagia ini. Semoga Anda bisa mempersiapkan semuanya.

Iuran Wisuda

Kalau mau wisuda, tentu ada biaya pendaftaran wisudanya dong. Besar iuran wisuda di ITB adalah Rp600.000,- (wisuda kedua Tahun Akademik 2012/2013, April 2013). Biaya ini berbeda Rp50.000,- dari besar iuran wisuda Oktober. Selisih limpul itu katanya adalah bisa sumbangan, jadi Anda bisa saja membayar sumbangan tersebut lebih dari limpul.

Biaya wisudawan ini menurut saya termasuk murah mengingat ITB tidak membebankan biaya sidang (katanya di universitas lain ada, saya tidak tahu). Kemudian, biaya tersebut juga termasuk biaya toga. Wisudawan dapat toga (katanya di universitas lain tidak dapat – hanya dipinjamkan, saya tidak tahu). Kenapa bisa sampai enam ratus ribu? Karena sewa gedung Sasana Budaya Ganesha=nya mahal. Gedung ITB sendiri sih, tapi ya kasian juga sama pengelolanya kan.

Biaya Setengah Semester

Bagi Anda yang berencana wisuda April atau Oktober, Anda akan dikenai biaya semesteran oleh ITB separuh biaya semester, kecuali Anda sidang di bawah tanggal tertentu. Masih berstatus mahasiswa selama setengah semester sih. Jika Anda wisuda Juli, atau sidang sebelum tanggal tertentu untuk wisuda April atau Oktober, Anda hanya harus membayar Rp250.000 saja (besar mungkin bisa berbeda setiap angkatan).

Agak sedih juga sih suruh bayar setengah semester ini. Rumor mengatakan bahwa uang sebesar satu juta rupiah (biaya setengah semester saya adalah Rp1.250.000,-) bisa dikembalikan saat mengambil toga. Pada wisuda Oktober katanya begitu, tetapi tidak semua orang tahu. Hanya pada wisuda April ternyata tidak bisa. Jadi rumor tadi itu bener nggak sih! -.-

Biaya Lain

Nah yang bikin wisuda mahal ya biaya lain-lainnya ini. Persiapkan saja kawan.

Transportasi Orang Tua

Tentu saja besarnya berbeda bergantung pada rumah Anda ada dimana. Akan tetapi, ini termasuk biaya wajib kan? Masa Anda tidak mau orang tua Anda menyaksikan hari bahagia ini. Kecuali mungkin Anda sudah punya pendamping wisuda selain orang tua sih.

Penginapan Orang Tua

Di Bandung, kalau niat mencari, ada banyak penginapan cukup murah. Misalnya di Wisma PU (atau Wisma Jasa Marga) yang terletak di sekitar Jalan Riau. Biayanya murah. Hanya Rp200ribu per malam untuk LIMA orang. Satu kamar lima orang. Cocok untuk Anda yang punya keluarga besar yang datang.

Beberapa wisudawan lebih cenderung untuk mencari penginapan dekat ITB. Selain dekat kosan, akses kemana-mana, terutama ke Sabuga pada saat hari H lancar. Patut dicatat bahwa pada hari H Wisuda, jalanan di sekitar ITB khususnya dan Bandung umumnya akan macet menggila. Dan jika Anda terlambat datang ke Sabuga, siapapun Anda, akan tidak diperbolehkan masuk.

Penginapan yang dekat ITB -dari yang saya temukan- adalah Wisma Dago (depan Salman), Royal Dago Hotel (sekitar Amanda), Wisma Pertamina – Bumi Sawunggaling (dekat Annex), dan Puri Tomat (Dago Atas sana). Tentu masih banyak hotel dekat lain tetapi belum saya survey.

Wisma Dago dan Royal Dago Hotel adalah dua penginapan super dekat kampus. Cuma sepelemparan batu saja. Karena itu, saat satu bulan sebelum wisuda saya cek kesana, kamar sudah fully booked. Kalau mau pesan, saya sarankan 2-3 bulan sebelum hari H. Karena dekat, harganya cukup mahal. Kamar double paling murah adalah Rp350.000 per malam.

Puri Tomat agak jauh di dago atas samping Kambing Soon, depan Hotel Jayakarta sana. Dengan demikian, harganya cenderung lebih murah. Kamar double sekitar Rp200.000 per malam. Namun, lumayan jauh dari peradaban (baca kampus, tempat makan, dan jalur kemana-mana). Belum lagi jalan dago yang terkenal macet itu. Keluar hotel telat, bisa terjebak padat merayap Anda.

Kalau saya, menginapnya di Wisma Pertamina alias Bumi Sawunggaling. Dekat Annex. Ke gerbang depan ITB hanya setengah kilo. Harganya sedang. Kamar double paling murah adalah Rp260.000 per malam.

Rental Mobil

Keluarga Anda dari seberang pulau? Atau sama pulau tetapi tidak memiliki kendaraan pribadi atau saudara yang punya kendaraan pribadi di Bandung. Tentu saja lebih mudah bepergian kemana-mana naik mobil kan, jadi harus rental mobil deh.

Dari yang saya sewa kemaren, harga sewa mobil paling murah adalah Rp275.000 per 24 jam. Patut dicatat bahwa penyewaan di akhir pekan ternyata memiliki batas minimum waktu sewa yakni 24 jam. Hmm… Anda juga tidak bisa menyewa terpisah dalam artian hari Sabtu sewa 5 jam saja kemudian mobil dikembalikan dan minggunya sewa 12 jam. Tidak bisa.

Kalau mau digunakan full pada hari Sabtu untuk ke Sabuga dari hotel dan pada hari Minggu untuk jalan-jalan, terpaksa sewa 2×24 jam. Perlu diperhatikan bahwa pada saat hari H, Anda akan masuk ke Sabuga sekitar pukul 7 pagi. Seluruh rangkaian prosesi wisuda yang melelahkan itu bisa sampai magrib bergantung himpunan Anda. Artinya, 12 jam mobil sewaan Anda hanya nongkrong saja di parkiran.  Sayang ya, tapi, silakan disesuaikan dengan kebutuhan Anda deh.

Oh ya, sewa mobil tanpa supir harus disurvei dulu katanya. Untuk membuat kartu member. Jika Anda tidak mau repot, pinjam kartu member punya teman Anda saja.

Foto LFM

Wisudawan tentu ingin momen saat ia bersalaman dengan Pak Rektor diabadikan. Nah, Liga Film Mahasiswa ITB mengabulkan keinginan setiap wisudawan tersebut. Toh, mereka adalah tim dokumentasi resmi wisuda.

Biaya foto LFM adalah Rp60.000,-. Ini sudah dapat satu pasang foto salaman 4R+CD softcopy, satu lembar foto bersama  ukuran 8R, dan 1 lembar foto salaman terbaik ukuran 8R. Kalau Anda juga mau menikmati video festival wisuda ITB dari segala macam himpunan yang serba wah itu, Anda juga bisa membeli paket DVD seharga Rp120.000,- Isinya sama seperti tadi + DVD dokumentasi wisuda. Akan tetapi, saya tidak yakin paket kedua ini ada yang membeli.

Foto Studio Jonas

Di Bandung mana ada mahasiswa yang tidak tahu Jonas. Memang, tidak perlu foto studio di Jonas sih. Ada banyak alternatif lain misalnya Papyrus. Bahkan Papyrus ini buka dari jam lima pagi supaya Anda bisa berfoto ria sebelum berangkat ke gedung wisuda. Disini saya cuma membahas Jonas karena kebetulan saya datangnya ke Jonas.

Di Jonas, sudah disediakan paket-paket foto wisudaan. Paling murah harganya Rp195.000,-. Paketnya adalah 3x foto, satu buah album, satu foto cetak ukuran 8R+frame minimalis, dan CD berisi foto. Kalau Anda mau langsung cetak ukuran besar misal 16R, harganya Rp395.000,-. Paket terakhir ini cocok untuk keluarga besar karena batas orang dalam foto adalah 10 orag dan foto yang diambil juga 5x. Mahal ya?

Kalau mau murah, LFM juga menyediakan foto studio loh. Cuma Rp60.000,- untuk 3-8 orang. Hanya saja fotonya cuma difoto 3x dan diambil satu terbaik. Cret-cret-cret terus diambil satu. Dicetak juga cuma satu biji ukuran 8R. Lumayan sih buat alternatif.

Jas untuk Pria

Oh ya, saya lupa. Bagi wisudawan pria diwajibkan untuk memakai kemeja panjang dan JAS pada saat prosesi wisuda. Bagi yang tidak punya jas repot kan. Pembuatan jas memakan biaya sekitar Rp700.000,- dengan bahan semiwol. Kalau Anda tidak mau repot, seperti saya, ada kontak penjahit jas yang bersedia datang ke kampus untuk membawa contoh bahan dan model jas serta mengukur Anda.

Kalau tidak mau repot dan keluar biaya, tentu meminjam teman adalah alternatif utama.

Total Biaya yang Dikeluarkan

Oke, inilah total biaya yang menjadi pengeluaran wisuda saya.


Iuran Wisuda: Rp600.000,-

Biaya Setengah Semester: Rp1.250.000,-

Ongkos Pesawat AirAsia 2 Orang Bolak Balik MES-BDO: Rp2.100.000,-

Bumi Sawunggaling: 2 malam akhir pekan x Rp290.000,- + 1 malam reguler x Rp250.000,- = Rp830.000,-

Rental Mobil: 2 x 24jam x Rp275.000,-/24jam = Rp550.000,-

Foto LFM paket foto biasa: Rp60.000-

Foto Jonas paket paling murah: Rp195.000,-

Jas untuk Pria: Rp700.000,-


TOTAL: Rp6.285.000,-


Astaghfirullah…

Ya Allah. Semoga saya cepat bisa mengembalikan jumlah itu dan seluruh biaya kuliah yang telah terbuang.

Amin…

Setidaknya hari yang cuma dialami sekali seumur hidup ini bisa memberi kebahagiaan yang luar biasa untuk orang tua. Orang tua yang telah sangat berjasa untuk kita, tidak hanya dalam kuliah tetapi juga dalam seluruh lini kehidupan kita. Dan inikan juga acara yang ditunggu-tunggu oleh orang tua dan kita sebagai anaknya, kan?

Akhir kata, bagi Anda yang berencana wisuda dalam waktu dekat, silakan bersiap-siap saja.

NB: Biaya di atas ternyata belum termasuk biaya syukuran wisuda himpunan, syukuran wisuda kosan, syukuran keluarga, dan biaya tambahan lain. Biaya tersebut mungkin berbeda setiap jurusan/orang, jadi tidak saya tambahkan di artikel ini.

7 Comments

  1. novan says

    mas,,saya mau nanya ni kalo rental mobil dmn y
    bs mnta no ny ga?

    • Saya asumsikan Novan di Bandung, jadi saya bisa jawab dikit.
      Saya waktu itu sewa di Dipatiukur. Kantornya samping SPBU Pertamina. Di dekat pertigaan itu. Ada kartunamanya sih, tapi saya tinggal di Indonesia. Silakan datangi langsung aja dan minta kartu member disana (atau pinjem teman).

  2. Badr, kalau ongkos pesawat bukan kamu yang nanggung kan?
    Oh ya, total biaya kamu itu belum termasuk biaya makan-makan keluarga, traktiran teman, dan syukuran HMIF.

    • Iya pak.. Jadi akhirnya sih patungan juga sama orang tua soal biaya macam-macam wisuda di atas. Belum kuat bayar sebanyak itu juga soalnya.

      Iya pak masih ada biaya syukuran lain2. Khususnya HMIF tuh, karena wisudawan April dikit jadi lebih mahal dari Oktober dan Juli deh iurannya. Biaya syukuran lain-lain itu tidak saya tulis karena kayaknya tiap orang beda-beda pengeluarannya pak🙂. Setelah Pak Rin komen, saya tambahkan keterangannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s