Racuan Si Blog
Tinggalkan sebuah Komentar

Blog Kemaren Siang: Review 2012

Jadi, kemarin saya menerima review tahun 2012 dari wordpress. Tahun lalu saya belum mendapatkannya, entah karena saya masih malas blogging atau waktu itu saya belum “mendaftar”.

Banyak orang yang mempublikasi review in 2012 blognya di akhir tahun kemarin. Di laman blog reader, setidaknya saya sudah melihat 5 pos dengan gambar yang sama. Saya juga akan melakukan hal yang sama dengan mereka, tetapi dengan tambahan “caci maki” terhadap annual-report milik wordpress ini.

Oh ya, berikut teks original saat saya menekan tombol “POST A SUMMARY TO MY BLOG” pada lembar laporan tahunan tersebut. Gambar di bawah ini pastinya sudah sangat pasaran sekarang. Sudah banyak yang mengepos.


The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

4,329 films were submitted to the 2012 Cannes Film Festival. This blog had 43,000 views in 2012. If each view were a film, this blog would power 10 Film Festivals

Click here to see the complete report.


Abaikan gambar yg sudah dipos berulang-ulang di seluruh dunia di atas. Sekarang saya akan menceriwisi lembar laporan ini.

Silakan buka link laporan lengkap di atas. Sebelum itu mungkin tutup dulu semua program Anda yang lain dan pastikan laptop Anda dalam kondisi prima.

Saat halaman laporan itu terbuka, akan ada kembang api yang berkibar-kibar di layar. Kembang api ini pertama-tama kan membentuk logo wordpress. Meskipun cakep, kembang api ini sangat menyiksa komputer Anda. Ya, tidak penting dan menyiksa.

Yang ditampilkan di awal lembar laporan tahunan ini kemudian beberapa tanggal muncul satu per satu diikuti kembang api. Yah, tanggal tak jelas! Dengan load komputer yang tinggi, tiada penjelasan apapun ttg tanggal ini.

Sebagai pengguna yang tidak mungkin tahu apa yang ada di kepala progrrammer/desainer wordpress, saya cuma bisa menebak apa tanggal itu maksudnya. Mungkin hanya jenius yang bisa menebak kalau ini tanggal menunjukkan waktu pos. (kalau bagi saya sih tanggal itu bisa apa saja, bisa tanggal views signifikan naik atau tanggal saya membuka blog, walaupun memang kalau dideduksi yg paling logis adalah tanggal waktu pos) Atau orang yang cukup beruntung untuk menggerakkan mouse di kondisi kerja laptop diatas 50%, punya minat lebih untuk melihat-lihat lembar tersebut pada lingkungan laggy itu, dan punya keahlian khusus untuk membaca bahwa tombol x yang ada di kiri atas lembar laporan tersebut adalah tombol penjelas maksud dari kembang api dan tanggal tak jelas itu apa.

Tombol x untuk info? You can do better than that, wordpress…

Tidak penting. Sangat tidak penting.

Ya, itulah kesan saya setelah mendapati komputer saya kesulitan bahkan untuk membuka task manager sekalipun pada waktu itu. HELL. Tanggal random yang muncul itu tidak ada keterangan apa-apa! Tiap muncul, ada kembang api. Apa ini artinya tiap tanggal itu ada perayaan? Tiap tanggal yang muncul itu berarti tahun baru terjadi? Atau ada pencapaian tertentu di blok ini. Tidak ada penjelasan apa-apa (kecuali setelah menekan x tadi). Dan animasi busuk itu memakan hampir seluruh resource komputer!!

Annual report wordpress yang berat

Selain tampak pada gambar, beberapa kali CPU mencapai 100% dan memory mencapai lebih dari 80%.

Hanya jenius lah yang paham bahwa sebenarnya tanggal yg lewat-lewat tadi itu adalah tanggal pada saat kita mempublikasi sesuatu di blog kita. HELL! Emang itu penting jadi laporan tahunan ya… Emang saya peduli saya mengepos tanggal berapa saja, sampai di tampilkan satu-satu tanggalnya. Ditambah animasi cantik, dan tanggal itu jadi menarik gitu?

Jika memang mau mereview pos per tanggal, beri judul yg di pos di tanggal itu lah! Ikutin lewat. Jadi kita bisa semacam napak tilas: hoo, pos ini yg waktu saya gila itu… Yang ini yang bulan itu kan ya… Kalau gitu kan lebih baik dibanding cuma tanggal ganti-ganti tanpa makna yg tidak dapat diketahui pengguna awam.

Lebih jauh lagi, ada fungsi pause di atas laman itu. Saya pikir laman laporan ini akan membuat saya nostalgia dengan slide tulisan lawas saya satu per satu. Atau mengingatkan saya dengan tema blog saya terdahulu. Ternyata tidak! Cuma ada bling-bling supermasif tadi, tanggal tak jelas lewat-lewat, ditambah statistik yang biasa kita lihat di laman wp-stats. Cuma kali ini diberi animasi warna-warni di sekitarnya. Fungsi tombol pause tadi ternyata hanya mematikan gerombolan si kembang api berat tadi. Tidak lain.

-.-

What the hell is wrong with you, wordpress…

Lebih baik kalau saya diberi tips tertentu ttg blogging di tahun depan, atau tren blogging tahun ini, atau yang ngetop di blog saya tetapi bukan dari halaman wp-stats. Misal perbandingan: wooh, pengunjungmu naik 100x lipat dari awal tahun atau woh topik tentang ini paling ramai atau kok bulan sekian kamu minim pengunjung ya. Tinggal pakai learning dikit lah, perusahaan skala Auttomatic pasti bisa harusnya.

Atau setidaknya napak tilas dengan slide seperti yang saya bilang tadi lah.

Bagaimana menurutmu?


NB: Tulisan ini ditulis kemarin malam pada 31 Januari 2012. Jadi saat mengeset jadwal waktu tayang pos, agak tricky. Hampir lupa mengubah tahun posnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s