Dunia Maya
Comments 4

Notpron, The Hardest Riddle

Ada yang pernah main game ini? Terdapat game teka-teki (riddle) tersedia di internet yang menguji anda akan logika, ketelitian, menghubungkan satu petunjuk ke petunjuk lain laiknya detektif, dan menuntut perkembangan skill dalam bidang IT. Salah satunya dan diklaim yang paling panjang dan sulit adalah Notpron.

Notpron di bangun oleh seorang jerman David Münich, kini (kalau tidak salah) memiliki 82 level positif, 1 level nol, 40 level negatif, dan level dewa dengan huruf latin sampai kappa. Semua level tersebut dimulai dari level 1, lalu level 2, sampai level 82. Setelah 82 anda akan didirect ke level nol untuk menguji apakah anda pantas untuk bergulat di level negatif. Setelah selesai level negatif dari level -1 sampai -40 anda akan dibawa ke level dewa, dari level alpha sampai kappa. Kenapa tidak sampai omega (huruf latin terakhir), mungkin karena sebenarnya permainan ini masih dapat berkembang. Saat David menemukan suatu teka-teki baru bisa saja dia menambahkan level baru di Notpron.

Saat memulai notpron anda akan dibawa ke level 1 dan sebuah halaman hints untuk 10 level pertama muncul. Juga disugesti jika hints dalam halaman uji todak cukup anda dapat mencari hints tambahan di forum notpron yang bebas contekan (spoiler free, jus hints). Level 1 memang yang paling mudah. Hints berkata, jika level 1 terlalu sulit untukmu pergilah dan bunuh dirimu sendiri.

Berikut screenshot dari level 1:

Screenshot Level 1 Notpron

Screenshot Level 1 Notpron

Seperti yang anda kira, untuk dapat lolos ke level 2 anda cukup mengklik link yang tersembunyi di gambar pintu pada level 1. Jika anda jeli dan brightness layar anda cukup, ada petunjuk berkata “Enter the door” pada gambah. Klik, dan terbukalah level 2. Kita tinggal mengumpulkan petunjuk dan berfikir.

Setiap level memiliki cara yang berbeda untuk menyelesaikannya. Hal itu bergantung petunjuk yang ada. Secara umum, terdapat 2 cara menulis jawaban anda, pertama mengubah nama file htm pada address bar (URLnya) dengan jawabannya, atau terang-terangan mengubah URL. Tipe dua adalah dengan menginput username dan password pada kotak input yang ada pada link di gambar level tersebut. Di tipe dua ini username dan password adalah jawaban yang harus anda cari.

Memang level 1 yang paling mudah, tetapi bukan berarti makin naik level makin sulit levelnya. Tingkat kesulitan Notpron bersifat fluktuatif. Pada prinsipnya, semua petunjuk di level notpron sudah cukup untuk menyelesaikan level itu, artinya memberi kita petunjuk/ langkah ke jawaban yang benar. Hanya kadang hal itu tersembunyi sehingga kita tidak tahu harus ngapain dan memaksa kita membuka forum.

Bagi anda yang memiliki waktu luang, penyuka teka-teki, dan berniat serta bermain, silakan kunjungi situs notpron pada link berikut:

http://deathball.net/notpron/

Kelemahan notpron adalah interfacenya yang berbahasa inggris dan kebanyakan levelnya berbau jerman, sehingga kita yang orang Indonesia relative lebih sulit memecahkan teka-teki disana. Mungkin hal itu bisa jadi tantangan lebih besar bagi kita. Bagi anda yang tidak suka tekateki inggris, ada juga permainan sejenis berbahasa Indonesia. Berikut linknya:

http://tkatki.net juga http://detektive.net

Akan tetapi, saya sarankan anda memainkan notpron. Meskipun lebih sulit, pada notpron anda lebih dituntut berfikir dan mendalami bidang perweban dan pengolahan data (image, audio) dibanding tkatki yang cenderung googling.

Curang adalah salah satu cara untuk memecahkan riddle di notpron. Caranya? Gampang saja, kita kan punya google. Ketik saja “notpron answer level n”. Karena kadang level di notpron dig anti dengan riddle yang lebih baru, David terkadang meletakkan cheat trapper di permainannya. Jika pemain memasukkan jawaban dari level lama, maka (katanya sih) IP anda akan direkam dan dimonitor untuk selanjutnya. Sejauh ini gua berhasil mecahin level 65 (dua bulan ditinggal tak terpecahkan) dan sekarang sampai level 67 dan sekarang sedang bergulat di konstelasi orion, dan sampai sini mungkin sekitar 15 kali gua nyontek. Memalukan dan mengesalkan memang. Jadi saya sarankan anda tidak mencontek, karena itu hanya kan memberikan penyesalan mendalam. Apalagi ketika anda hampir mendekati jawabannya. Keep fighting and thinking, don’t give up.

Apa yang didapat dari menyelesaikan game-game semacam ini? Tidak ada. Hanya kepuasan menjawab riddle, rasa penasaran memuncak, dan skill ngotak-atik otak dan petunjuk. Bagi penyelesai sampai akhir, sertifikat dari david menunggu. Sampai saat ini tercatat baru 8 orang yang tersertifikasi lulus menyelesaikan Notpron. Di sertifikat ini kurang lebih tertulis, Orang ini telah menyelesaikan notpron dan telah terbukti handal dalam mengerti sintaks html, web, pengolahan citra dan suara, serta pola pikir yang baik. Orang ini juga berhak membeli kaos “saya telah menyelesaikan notpron”. Menarik bukan??

4 Comments

    • Oh gitu ya… Hhehe… Dah lama gak ngunjungi tkatki nih. Sory2 jadi ketinggalan berita. Ganti nama mulu nih, ada apa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s