Sains Logika
Comment 1

Gimana cara Thanos menyetengahkan populasi??

Seperti yang sudah Anda ketahui, Thanos ingin menyetengahkan jumlah penduduk dunia alam semesta untuk menghindari atau setidaknya meredakan overpopulasi. Dengan demikian, sisa penduduk yang hidup bisa menikmati alam dan kekayaannya lebih baik. Yang saya penasaran adalah, gimana cara si Thanos melakukan hal tersebut.

:Lho kok bingung? Kalau lu nonton pilemnya kan jelas, pake inpiniti ston, terus snap!

Bukan, bukan. Bukan itunya, tapi bagaimana cara si Thanos memilih siapa yang hidup siapa yang harus mati.

:Random kan?

Yaaa random, tapi random yang kayak mana gitu loh? Misalnya nih yang paling sederhana aja. Setiap penduduk di alam semesta punya peluang yang sama.

 P(selamat) = 0,5

Kelihatan adil kan? Tapi dengan begini, apa bisa thanos mencapai tujuannya? When I’m done, half of humanity will still be alive.

Di skenario satu ini, peluang hanya setengah penduduk yang dimusnahkan sangatlah kecil. Misalnya nih penduduk dunia ada 2n, kalau dihitung peluangnya adalah:

P(separuh selamat) = C(2n,n) / 4^n
 \approx  asymptotic to 1/sqrt(n)

Jadi, kalau Thanos tidak hati-hati, bisa jadi lebih dari atau kurang dari separuh yang selamat.


Asumsikan Thanos berhasil mengatasi masalah pertama di atas. Yaa, simpelnya dengan cara menghitung jumlah yang sudah dia bunuh, kalau sudah sampai setengah tinggal berhenti aja.

Masalah dua yang juga harus diperhatikan oleh Thanos adalah distribusi dari penduduk di seluruh dunia alam semesta. Adalah fakta lapangan bahwa setiap tempat tidak memiliki jumlah penduduk yang sama.

Ada kota planet yang padat penduduk. Ada desa planet yang masih sangat lengang. Terus bagaimana cara menyetengahkan penduduk supaya jika dipandang dari sudut pandang individual tempat tersebut, semuanya terasa adil.

Skenario 1. Pure random, plain and simple

Ini skenario terburuk menurut saya. Acak murni berarti ada kemungkinan bahwa si desa (yang tidak mengalami overpopulasi) mendapatkan jatah lebih banyak dari si kota. Atau bahkan musnah sama sekali. Dengan demikian, overpopulasi di kota tidak teratasi dan desa tidak dapat berkembang.

Menyetengahkan penduduk dengan acak murni.png

Satu kemungkinan akhir dari metode acak murni

Oke…

Skenario 2. biar adil bagaimana kalau kita hitung penyetengahan manusia per planet. Planet A, penduduk sekian pilih setengah. B sekian, pilih setengah. Dan seterusnya…

Saya masih ragu kalau ini adil. Planet C (planet ketiga di artikel ini) tidak terlalu overpopulated. Jumlahnya masih sedikit. Tidak perlu disetengahkan.

Menyetengahkan penduduk dengan setengah per planet.png

Sebaliknya, Planet A sangatlah sangatlah padat. Disetengahkan sekalipun, planet tersebut masih dalam keadaan overpopulasi.

Skenario 3. Yang banyak ambil banyak, yang dikit ambil dikit, jangan lupa totalkan agar seluruh alam hanya setengah yang musnah

Mungkin ini bisa jadi skenario yang bagus. Tapi apakah adil antar planet… I don’t know… Lagipula pas Thanos bilang ke Tony Stark, Thanos menjanjikan kalau penduduk bumi (half of humanity) akan sisa setengah. Bukan penduduk galaxy sisa setengah. Hm…

Namun, ada juga flaw dari skenario 3 ini. Misalkan saja, teknologi dari komunitas di planet tersebut, jumlah kekayaan alam, kapabilitas komunitas untuk berkembang dan bertahan hidup, dan lain sebagainya.

Dapat dilihat bahwa Planet C agak lebih gersang. Jadi jumlah kekayaaan alam disana tidak cukup untuk jumlah populasi awalnya. Jadi terhadap sumber daya alam, planet ini mengalami overpopulasi. Planet A, meskipun penduduk per meter persegi sangat buanyak memiliki kekayaan yang melimpah. Jadi masih sangat aman.

Bisa jadi Planet B juga punya angka kelahiran yang sangat tinggi jadi harus dibunuh agak banyak supaya nggak beranak-pinak dengan cepat.

Bisa jadi Planet C butuh warga segitu untuk mensustain dirinya. Setiap warga sudah punya peran spesifik untuk kelangsungan hidup masyarakat secara utuh. Kalau dikurang sedikit saja, penduduk Planet C bisa tidak lagi memiliki kapabilitas untuk survive dan justru akan punah semuanya.

Bisa jadi Planet A lebih banyak pria dibanding wanita.

Bisa jadi Planet B punya gen pool lebih banyak.

Bisa jadi Planet C bla-bla-bla…

Detail. Detail. Detail.

Jadi saya benar-benar penasaran nih, Thanos gimana cara eksekusinya ya.

Iklan

1 Komentar

  1. Susan Putri says

    mungkin bisa dilakukan sterilisasi pada sebagian populasi biar tidak bisa berkembang biak hehe, dan yang setengah lainnya bisa KB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.