Logo Provinsi di Kalimantan, versi Sederhana


All.kalimantan.flag


 

Provinsi-provinsi di Pulau Kalimantan kurang lebih memiliki budaya yang mirip satu sama lain (CMIIW). Hal ini bisa dilihat dari kesamaan antara lambang-lambang pemprov di pulau ini. Sama-sama memiliki perisai dayak alias talawang. Ukirannya juga mirip.

Warna yang menyatukan daerah ini adalah hijau. Karena tanpa kalimantan mungkin (dahulu kala) Indonesia tidak akan pernah menyandang gelar zambrud khatulistiwa.


Kalimantan Barat

Dimulai dari barat, Kalimantan Barat memiliki lambang talawang polos, dengan mandau dan keris menyilang di hadapannya. Kobaran api menyala dalam tungku ada di atasnya. Makna lambang ini bisa dicek di… Wikipedia Lambang Kalimantan Barat.
Kalbar - flag

Kombinasi mandau keris dan talawang yang di lambangluayan, jadi saya ambil langsung dengan sedikit penyederhanaan. Emboss di hilangkan. Warna dibuat satu dua. Jadinya seperti di atas.

Kalau dibuat persegi kira-kira begini.

Kalbar - logo

Namun, saya kurang sreg sebenarnya karena masih terlalu kompleks. Ada lima warna pada bendera. Dan bentuknya juga susah. Jadi untuk alternatif saya membuat versi yang jauh lebih simpel. Caranya yakni membuat mandau dan keris hanya sebagai garis berwarna latar yang menyilang di depan talawang. Kira-kira jadi seperti ini.

Kalbar - alt

Jangan teringat sama x-box ya.

Menurutmu mana yang bagus? Komen di bawah ya…

Warnanya agak galau mau putih jadi latar atau sebaliknya. Untuk provinsi selanjutnya, dibuat hijau di tengah dan putih garis di sisi pinggir.


 

Kalimantan Tengah

Logo Kalimantan Tengah juga mirip. Karena talawang sudah diambil oleh Kalbar, jadi saya ambil si burung yang betengger di atas talawang pada lambang Kalimantan Tengah. Dengan dedikit penyederhanaan, kira-kira seperti di bawah ini.

Oh ya, lambang asli Provinnsi Kalimantan Tengah maknanya dijelaskan di situs pemprov berikut yang menyertakan pdf asli perda tentang lambang provinsi. Detail sekali penjelasannya.

Kalteng - flag

Jika dibuat persegi si burung nggak masuk karena terlalu panjang. Jadi di kanan bawah berikut… Alternatif lain juga jika si burung dibuat satu warna seperti di kiri bawah ini.


 

Kalimantan Timur

Masih dengan kalimantan, tentu saja masih dengan sang perisai alias talawang atau talabang. Kali ini disertai dengan butiran damar dan sumpit menggantikan keris. Arti lambang ada di Situs Pemprov Kaltim.

Kaltim - flag

Logo versi sederhana kali ini kembali meminjam si tameng, dan kali ini dengan ukiran di tengahnya. Warna saya buat merah putih untuk melambangkan Indonesia Raya dibanding merah kuning yang ada pada lambang asli.

Tadinya saya mau menyertakan juga si butiran damar dan persilangan sumpir-mandau. Menjadi bendera di kanan bawah berikut. Bentuknya love gitu. ^^ Cuma karena terlalu kompleks, ide ini kayaknya stop dulu deh.
Kaltim - logo

Alternatif lain yang lebih saya suka, jadi bisa dipakai untuk logo persegi adalah mewarnai si talawang dengan satu warna putih seperti bendera kedua di atas.


Kalimantan Selatan

Lanjut ke selatan Pulau Kalimantan, provinsi Kalimantan Selatan memiliki lambang dan skema warna yang sedikit berbeda dari provinsi lainnya. Nggak lagi hijau. Dan Tidak ada tameng. Ukiran. Mandau. Keris. Sumpit. Yang ada adalah rumah adat kalimantan selatan dan berlian!

Arti lambang tercantum di artikel profil provinsi di situs Pemprov Kalsel berikut.

Kalsel - flag

Karena si rumah rumit, saya ambil si berlian aja. Hehe… Warnanya kalau mengikuti skema warna lambang asli provinsi menjadi seperti di atas. Kalau mau mengikuti tema warna hijau untuk Pulau Kalimantan sebagai perlambang zambrud khatulistiwa kira-kira seperti di bawah ini.
Kalsel - logo


Kalimantan Utara

Provinsi terakhir dan terbaru di Pulau Kalimantan adalah Kalimantan Utara. Provinsi ini memiliki lambang yang kembali ke corak utama lambang provinsi di borneo ini dengan tameng dan senjata khas dayaknya. Arti lambang sebenarnya dapat dibaca di situs pemprov Kaltara.

Oh iya, secara ofisial singkatan Kalimantan Utara bukan Kalut ya tetapi Kaltara. Kalau kalut maknanya negatif nanti.

Kalut - flag

Nah terus kalau komponen lambang udah kepake semua untuk provinsi lain, enaknya apa dong lambang sederhana untuk Kaltara ini. Saya juga bingung. Mana lambang versi vektor atau setidaknya raster hi-resolution tidak ada dimana-mana pula.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mengambil motif dayak yang juga sering muncul di talawang sebagai simbol sederhana Kaltara. Hanya saja, karena raster hi-res lambang resmi nggak ada, jadi saya harus mengarang bebas (males) atau cari lagi di Internet entah dimana. Entah bagaimana, hasil akhirnya menjadi seperti ini.

Kalut - logo

Seperti Kalsel, pewarnaan juga ada dua opsi. Warna mengikuti skema lambang asli yakni biru muda. Atau skema warna zambrud yakni warna hijau yang saya inginkan. Tulis pendapat Anda di bawah ya, mana yang lebih bagus atau kalau punya ide yang lebih normal.


All.kalimantan.logo


Sekian pembuatan bendera dan penyederhanaan logo provinsi di Pulau Kalimantan. Jangan lewatkan hal yang sama di daerah lainnya: