Informatika
Comment 1

Komputerku Kotor

Komputer bagai urat nadi bagi manusia modern, terutama yang jurusannya dan pekerjaannya di bidang ilmu komputer bagi saya. Laptop saya ini adalah benda paling penting dari semua benda yang saya punya, setara dengan ponsel mungkin. Dia adalah jendela kerja. Desktop, drive, dan direktori di dalamnya saya perlakukan seperti rumah. Harus dirawat, dirapikan, dan ditata ulang secara rutin.

Hal ini dapat dilihat dari drive komputer saya yang masing-masing foldernya punya icon sendiri-sendiri. Di bawah ini adalah skrinsyut Drive D laptop saya. Setiap file di dalamnya pun harus dikategorisasikan dengan baik, demi kemudahan saya sendiri.

DriveD

Saya juga sangat suka bersih-bersih, termasuk bersih-bersih berkas. Namun, manajemen berkas atau file ini memakan waktu. Mungkin seharian atau bisa sampai dua hari lah.

Setelah memasuki dunia kerja, saya sudah mulai jarang memakai komputer sendiri untuk “bekerja”. Untuk melakukan sesuatu… Ya mungkin cuma internet, nonton anime/youtube, dan ngeblog. Akibatnya, laptop saat ini jadi agak terlantarkan deh. File-file juga berantakan.

Misalnya aja drive E berikut ini, sudah agak tidak rapi. Kenapa? Itu ada teks yang nggak masuk folder. Ada duplikat folder photo. Ada dua folder work yang nggak jelas isinya apa… Ini aja udah agak rapi karena file-file nggak jelas di masukin ke folder work semua.

DriveE

Dan belum lagi berkas yang ada di drive-drive lain. Yang ada di level bawah gitu. Folder Downloads dan Documents. Dan lain sebagainya.

Akhir-akhir ini saya meng-upgrade disk saya dari HDD ke SSD. Dan guess what? Ada dua drive bekas backup yang belum saya atur-atur. Ada satu folder foto 63GB hasil recovery disk yang error pas migrasi disk, dan ada satu lagi satu folder foto 40GB hasil jalan-jalan ke Indonesia kemarin. Total 100GB foto yang harus di-manage gan dan dipilah satu-satu gan!

RecoveryF

63 Gigas of Madness

Belum lagi harus mikir supaya drive nya nggak merah-merah kalau diliat di My Computer. Kenapa? Ya biar biru lah! Biru kan cakep!!

Kapan ya ada waktu buat bersih-bersih. Bukannya sibuk sih… Setelah masuk dunia kerja ini justru kalau di rumah rasanya lega… Nggak ada PR. Nggak ada zemi. Nggak ada TA/Tesis. Hore…!

Cuma entah kenapa setelah 8+ jam kok pengennya nyantai-nyantai doang, nonton tivi streaming sambil makan.

Hmf… I am stuck. Nggak ada software buat ngerapiin berkas otomatis gitu ya…

Iklan

1 Komentar

  1. Ping-balik: Susahnya Manajemen Berkas | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s