Cerita Jepang
Tinggalkan sebuah Komentar

Orang Jepang itu Demonya Demo-demoan

War is over!

Jadi, saya menceritakan ttg Demo di Sakae ttg menolak perang dan menurunkan PM Shinzo Abe ke seorang teman Jepang lain. Saya bilang ini kejadiannya “kemarin, hari rabu atau kamis yak…”. Respon pertamanya adalah:

Harakeyo… Omaera…
Kerja oi…

Waktu itu demonya hari kerja sih memang. Sore. Saya juga kebetulan pulang kerja saat lihat mereka lagi pawai.

Saat saya tanyakan ttg ini demonya ttg apa sih, kok tolak-tolak perang. Kan Jepang nggak lagi perang. Beliau bilang, “emang orang-orang yang demo ini aja yang bodoh” katanya. Menurut beliau, PM Abe ini niatnya baik, pengen membuat Jepang lebih kuat. Apalagi sekarang Korut sama China makin hari makin serem. Kok malah ditentang. Dasar orang aneh, kata beliau.

Yang unik, orang Jepang yang saya ceritakan ini berpendapat ttg demonya orang Jepang. Kalau menurut kita, orang asing, Jepang itu nggak suka demo kan? Jarang dengar demo. Terus kalau demo juga, tenang, atau malah kayak pawai dubsteb biasa, tertib lah. Kok Indonesia nggak bisa gitu ya… Menurut kita-kita.

Nah menurut teman saya tadi, Orang Jepang kalau demo ya gitu… Nggak beneran atau Cuma demo-demoan. Beliau pun mengagumi demo di negeri lain, yang kadang berujung rusuh itu…

“Kalau di Eropa atau Asia Tenggara, orang demo itu bertaruh nyawa. Mereka demo dengan keyakinan.”, katanya.

“Kalau di Jepang, yaaa begitu… Ala kadarnya. Nggak bisa dibilang demo sih itu. Pura-pura demo…” Beliau melanjutkan.

Jadi ternyata begitu…  Kontras dengan kita yang despise dengan petarung demo.

Menariknya bertemu bangsa lain adalah ketika bertukar pikiran seperti ini. Apa yang kita kagumi ttg mereka, belum tentu mereka kagum, dan malah mungkin mereka kagum dengan apa yang kita tidak suka.


Catatan: pendapat ini belum tentu dimiliki oleh umumnya orang Jepang. Karena sampel yg mengemukakan cuma satu orang. Boleh jadi tidak bisa digeneralisir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s