Logo Provinsi di Sulawesi, versi Sederhana


All Sulawesi Flag


Sumatera dengan melayu pada seri penyederhanaan ini saya beri bumbu kuning. Jawa cokelat. Kalimantan hijau. Dan kepulauan nusa tenggara putih. Sulawesi di lain pihak berbeda-beda, tidak ada kesamaan tema warna. Tingkat penyederhanaan lambang di daerah ini juga makin sulit.


Sulawesi Selatan

Provinsi Sulsel ini termasuk yang lambang aslinya bagus menurut saya. Sama peringkat kepaporitannya-lah dengan Sumut, peringkat tiga. Mungkin juga itu berkat random netizen yang mengunggah lambang format svg ke halaman wikipedia Sulselnya. Jadi keliatan versi jernihnya.

Sayangnya, saat saya menulis artikel ini situs pemprovnya sedang down, jadi sementara ini baca artikel wiki aja dulu tentang arti lambangnya.

Sulsel - Flag

Ada badik, perahu pinisi, gerigi+pacul, buah apa itu nggak tahu, dan aksara daerah. Mana yang saya pilih? Malah bintang-nya. Perahu pinisinya lumayan sih kalau diambil. Kira-kira seperti di bawah. Aksaranya juga seru kalau dipasang di bendera, jadi kayak Irak gitu.

Anggap aja bintang melambangkan navigasi yang dipakai masyarakat Sulsel dahulu yang kebanyakan pelaut dan ahli pelayaran. Hijau melambangkan ketinggian islam. Putih melambangkan luasnya lautan. Dan merah melambangkan keberanian.

Sulsel - logo


Sulawesi Tenggara

Jika lambang NTT identik dengan Golkarnya, lambang Sultra identik dengan PDIP.  Sejujurnya, makin ke timur saya makin tidak mengerti tentang budaya dan kekhasan dari daerah di Indonesia. Yang saya tahu hanya Sultra ibukotanya Kendari, itu saja.

Ngomong-ngomong, ini provinsi punya dua website lho… Satu, sulawesitenggaraprov.go.id dan dua, sultraprov.go.id. Nggak tahu apa bedanya. Tiga kalau menghitung domain www.sultra.go.id yang udah nggak aktif lagi. Yang kedua di judul bertuliskan “Portal Pembangunan” sih. Cuma entah apa beda… Mungkin besok ganti gubernur ada proyek pembuatan website baru lagi.

Ironisnya, saya tidak menemukan arti lambang di kedua situs. Mari merefer ke wikipedia saja… Thank you random netizen…
Sultra - flag

Sultra - logoPadi kapas, semua lambang juga ada. Rantai juga hampir semua. Sisanya yang unik di lambang provinsi ini yaaa cuma si moncong putih kepala anoa. Yap yap, itu bentuk anoa yaa… Bukan banteng. Jadi bukan pd*p.


Sulawesi Barat

Nah, situs pemprov yang satu ini lebih lucu lagi dari situs pemprov lainnya. Ada artikel tentang makna lambang, hanya saja kok rujukan yang tertulis disana adalah artikel WIKIPEDIA! Banzaiii….

You know, you are THE official of the province, THE authority of the coat of arms. You suppose to provide official information! Not the other around.

Sulbar - flag

Okeh… Jadi menurut wikipedia (yang merefer ke situs pencipta lambang yang udah nggak aktif lagi), perahu yang di lambang adalah perahu sande sedang berlayar ke arah kanan. Kemudian ada trisula nancep di gunung. Bentuk lambang adalah belanga bukan perisai segi lima yg biasanya dipakai di lambang lain.

Mari kita fokus ke perahu sande dan membuatnya sebagai logo sederhana Sultra. Dan si gunung juga bisa diambil menjadikan logo persegi lebih unik seperti yang ada di kanan bawah. Sulbar - logo

Oh ya, Bendera Indonesia di ujung perahu saya hapus karena agak aneh ada bendera di dalam bendera.


Masuk ke bagian logo yang super sulit.


Sulawesi Tengah

Katanya situs pemprov sih, lambang resmi Sulteng ini berbentuk jantung. Hmm….. HMMM…. Kalau logo biasa berbentuk perisasi segilima yang diambil dari pancasila, Sulbar adalah bejana, kalau Sulteng… Jantung kawan-kawan…

Isi dalam Coat of Arms, standar. Bintang. Pita. Padi kapas. Yang agak berbeda cuma si pohon kelapa saja. Ini yang membuat saya sangat kesulitan menyederhanakan si lambang. Karena, nggak ada materi sama sekali…

Sulteng - flag

That’s the best I can do. Jadi ceritanya itu penyederhanaan dari pucuk pohon kelapa. Inti sari dari simbologi kebudayaan masyarakat Sulawesi Tengah. Yang menurut artikel pemprov tadi, kelapa melambangkan, quote:

  • Kesediaan untuk mengorbankan segala-galanya untuk mencapai cita-cita.
  • Seluruh bagian pohon kelapa sangat berguna bagi kehidupan manusia.
  • Ketenangan dan tawakal dalam mengadapi segala tantangan.
  • Pucuk yang lurus menunjuk bintang melambangkan keteguhan hati dalam usaha mencapai cita- cita hidup.

Bentuk persegi dari lambang kira-kira seperti berikut. Yang ini bisa dipilih, mau kuncupnya saja atau pohon kelapa utuh.

Sulteng - logo

Jika saya niat, mungkin jumlah gerigi pada bendera di atas akan saya sesuaikan dengan simbologi angka terkait Sulawesi Tengah. Sayang saya tidak paham sama sekali tentang provinsi di Indonesia Tengah dan Timur.

Setidaknya bendera di atas jauh lebih baik dari failed attempt di bawah ini. OH NO…!! Jangan dilihat…

Sulteng - norak


Gorontalo

Provinsi ini adalah satu-satunya provinsi di Indonesia Tengah dan Timur yang tidak memakai nama gugus pulau/kepulauan tempat dia berada. Lambang provinsi dijelaskan dengan detail di situs Pemprov Gorontalo berikut.

Walaupun sudah mekar dari tahun 2000, saya tidak berhasil menemukan versi besar dari lambang provinsi ini. Nggak yakin jadi apakah pegawai pemprov punya file raw-nya atau tidak. Belum ada random netizen yang mengunggah versi SVG-nya di wikipedia pula.

Makanya, provinsi ini sangat sulit untuk disederhanakan lambangnya! Bentengnya bagus padahal. Bisa aja saya membuat ulang, tapi sudah muak setelah mendesain berapa belas provinsi dengan memakan waktu berapa bulan dalam mengerjakan seri artikel ini. Jadi saya menyerah. Hasilnya, bintang ala provinsi di US berikut ini deh.

Gorontalo - flag

Gorontalo - logo

Versi persegi untuk dipajang di halte bus, kop surat, kaos, plang trotoar dan layanan lain-lain bisa memotong bintang seperti di samping berikut. Warna biru keunguan memberi makna tenang, setia dan kebenaran sertaharapan pada masa depan yang cerah, katanya.


Sulawesi Utara

Sampai juga di provinsi paling utara Republik Indonesia. Provinsi yang memiliki lambang dengan pohon kelapa bertebaran dimana-mana. Yang unik lagi dari lambang provinsi ini adalah lambang kesejahteraan bukanlah padi dan kapas seperti lambang-lambang lain. Melainkan, padi dan cengkeh+pala… Now, that is cool!!

Detail dapat dibaca di situs Pemprov Sulut. Oh ya, yang melingkar di bawah pohon kelapa itu jagung ya, saya kira tadinya buah kelapa yang masih belum kuncup.

Sulut - flag

Okey, bagaimana menyederhanakannya. Kalau pohon kelapa sulit, kita sudah coba di Provinsi Sulteng tadi. Kalau mau coba lagi bisa cek di bawah, alternatif dari bendera Sulut. Yang paling mending adalah memilih si tunas kelapa. Bentuk dan ukuran sedikit saya sesuaikan supaya memenuhi bendera dan memisahkan antara biru dan putih.

Oh ya, lambang pramuka kelapanya menghadap kiri ya! Jadi beda itu….😀

Warna biru melambangkan kemakmuran. Makmur harus disertai kesucian dan ketulusan, dilambangkan dengan warna putih. Untuk itu kita harus menjadi seperti tunas kelapa: kuat, giat, dan tegar hidup dimana saja. Warna cokelat melambangkan cinta tanah air. Dan hijau melambangkan kesuburan.

Berikut alternatif bendera yang saya ceritakan tadi.

Sulut - alt

Nah tuh liat di kiri atas kalau kelapa utuh yang diambil. Norak kan… Setuju? Tidak setuju? Komen di bawah.

Pernah kepikiran juga mengambil si bulatan jagung plus empat tunas. Jadinya seperti bendera tengah tuh. Agak aneh juga.. Paling mending sebenarnya bendera yang kanan. Tunasnya saya yang diambil dan ditaruh tengah keliling jagung, bonggol kelapanya tidak usah. Kalau begitu baru agak simpel macam logo di Jepang.

Sulut - logo

Secara pribadi, saya suka yang tunas kelapa (nomor tiga dari kiri) dan yang lingkaran jagung dengan tunas di tengah (nomor empat dari kiri). Menurutmu?


All Sulawesi Logo


Akhirnya beres juga penyederhanaan logo di Pulau Sulawesi.

Silakan cek juga daerah lain pada seri lambang provinsi versi sederhana berikut ini: