Racuan Si Blog
Comments 3

Blog, Statistik, dan Memajukannya

Just a report. Seperti yang pembaca budiman ketahui, saya baru memulai (kembali) mengisi blog dua hari lalu. Artikel sungguhan*) yang saya publikasi pertama setelah hiatus berjudul “Sekelumit Cerita Menjelang UN” tertanggal 19 Maret kemaren. Kali ini ‘masa aktif’ blog saya kebetulan berada pada masa setelah saya membuka pagar bambu devil proof akun sebuah social network terkenal, sebut saja Facebook, yang selama ini hanya saya nikmati bersama ‘orang-orang pilihan’. Iseng, saya menghubungkan blog ini dengan Facebook dan membagi artikel tadi ke jaringan pertemanan saya, dua kali.**)

Singkat cerita, saya mengamati ada perubahan drastis dalam statistik blos saya di hari itu. Seperti tampak pada Gambar 1 dibawah, pengunjung harian saja melonjak dari hanya 15 orang rata-rata menjadi 125 orang (dan lebih) dalam satu hari. Sebegitu berpengaruhnya rupanya mas FB ini. Mungkin agak salah juga saya beretorika dengan Probatio Diabolica. Hmm…

Gambar 1. Statistik Blog Kemaren SIang

Gambar 1. Statistik Blog Kemaren SIang

Jadi terakhir mungkin saya ingin memberikan beberapa tips blogging yang pernah saya baca atau dengar atau karang – tentu saja tidak semuanya pernah saya terapkan, dan saya bukan penulis blog yang sukses.

1. Rajinlah Menulis.

Menulis banyak lalu mempublikasi sekaligus itu ide buruk. Sebaiknya rutinkan menulis tiap hari, sehingga pembaca anda bisa membaca sedikit-sedikit. Jangan pernah hiatus. Malu-maluin aja…xD Tirulah pak Budi Raharjo yang selalu rajin mengisi blognya setiap hari, meskipun hanya satu dua paragraf saja. Hasilnya, beliau jadi blogger yang ternama (memang orangnya hebat dan ternama juga sih). Padahal beliau punya banyak blog dan akun sosial media loh.

2. Tulis Hal yang Menarik

Sebenarnya gak ada batasan dalam hal ini. Blog, it’s in Internet guys, it’s free. Meskipun anda menulis hal random jika anda menulis dengan gaya yang cukup menarik, konten yang menarik, dan disertai foto yang menarik, pastilah orang tertarik. Bahasa bakumannya “Manga just need to be interesting.” Lebih baik lagi jika blog anda membahas hal spesifik tertentu, agama atau programming c++ misalnya. Anda bisa mendapat penggemar spesifik pula, dan bisa untuk meningkatkan citra anda di dunia maya lho… Found your style. Blog bisa untuk jadi latihan menulis kan. Jangan takut alay. Mungkin bisa menarik beberapa penggemar tertentu. Lagipula, ini Internet, bebas kakak. Bebas memperbaiki juga. Misalnya anda menyesal dengan kealayan masa lalu Anda, seperti halnya teman saya Fikri yang merubah blognya dari link ke link. Semua bisa diselesaikan.

3. Tulis Sesuatu yang Kontroversial

Sama seperti tulisan saya yang tadi di awal saya bahas, cukup kontroversial bukan. Makin kontroversial makin banyak anda mengundang orang. Sebenarnya tidak perlu kontroversial ke arah negatif, ke arah positif seperti memotivasi, atau perbandingan bisa membuat tulisan anda dimana-mana. Contoh yang umum adalah judul artikel “N benda terhebat di dunia”. Pasti jika itu original tulisan anda, bulan depan anda bisa menemukan beberapa artikel itu di belahan Internet yang lain. (tapi jangan terlalu berharap banyak atribusi penulisan ke Anda ya..:D)

4. Kutip Artikel yang Bagus

Jika anda menemukan artikel kontroversial bikinan orang, seperti yang kita bahas tadi, bagikan saja. Lebih baik lagi kutip. Gubah bila perlu dan anda cukup hebat. Tentu saja jangan lupa menyertakan sumber ya. Biar kejadian di point tiga tadi tak terulang.

5. Jangan Nulis Kepanjangan

Ada beberapa perbedaan saat menulis di Word, Notepad, Netbeans, atau kotak teks WordPress langsung (kapan-kapan mungkin dibahas). Biasakan menulis langsung di WPnya saja. Biar pendek. Pembaca terkadang jenuh membaca teks panjang yang berputar-putar dengan kelebihan detail yang tidak perlu disana-sini. Blog saya ini contohnya.

6. dan yang terakhir, karena tidak boleh panjang-panjang. Sebarkan Blog Anda.

Buatlah jaringan blog dengan teman-teman dan komunitasmu. Buat paguyuban dan lomba blog. Sayang di ITB tidak ada paguyubannya, tidak ada kompetisi, atau apapunlah, jadi saya sering hiatus. Dan manfaatkan FB, seperti yang saya paparkan di awal. Cukup manjur sepertinya. Spam All Your Friends News/Stream-Feed!!!

Menulis itu menyenangkan. Ada beban yang hilang di kepala. Berbeda perasaan dari hanya sekedar update status. Menuangkan ide itu, wahhh… Apalagi jika ternyata tulisanmu dikomentari, dipuji, dihujat, disebarluaskan, atau bermanfaat bagi seseorang. *Dat feeling…*

*)yah, artikel sebelumnya dan mungkin artikel ini bukan artikel sungguhan. Hanya artikel laporan. Blog ini sering kali hanya mambahas tentang blog ini, sapaan atau janji palsu, jarang hal lain… Harap maklum
**)Pertama manual kopas tautan, dan kedua saat – tidak sengaja – memperbaiki salah cetak di tulisan tersebut. Ternyata pembagian yang pertama belum tercatat ditaut oleh si WP, dan entahlah takutnya setiap ada perbaruan pesan, di FB juga ditambahi post baru padahal sudah tercatat. Ada yang tahu behaviour asli dari pembagian WP-FB?

3 Comments

  1. Ping-balik: Bagaimana Saya Sekarang Mengisi Blog Ini | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s