Informatika, Kampus Ganesha
Comments 4

Napak Tilas Pengerjaan Tugas Akhir

Agustus 2011

Masa tugas akhir I dimulai. Menurut kuliah TA, mahasiswa harus memilih dosen pembimbing dari daftar dosen yang ada dan salah satu topik tugas akhir yang diajukan tugas akhir tersebut. Jika minat, mahasiswa juga boleh mengajukan topik sendiri ke dosen (baik yang sudah maupun belum ada di daftar kandidat dosen pembimbing).

Saya? Sementara ini belum ada ide sama sekali. Entah mengapa ingin sama Prof. Iping tentang pengolahan citra. Keren aja terdengarnya, tapi belum ada ide. Nggak papa daftar dulu aja. Pingin sama Bu Ayu juga sih, kan baik, tapi beliau sudah mengayom 6 anak. Hmm…

September 2011

Kuliah TA sudah dimulai. Akhirnya, saya fix memilih dosen pembimbing Prof. Iping. Topik sih belum ada, yang penting sudah ada dosen pembimbing dulu deh. Note: Pak Iping bukan dosen pembimbing yang ada di daftar dosen pengaju topik.

Awal Oktober 2011

Galau tentang topik TA. Kata orang sih, pilihlah yang kamu suka. Misalnya yang suka main game, TA-nya buat game atau benchmark game. Saya suka apa ya? Film. Anime. Masak mem-benchmark algoritma pencocokan wajah (face recognition) ke wajah-wajah animasi. Seberapa besarnya saya ingin melakukan hal tersebut, kayaknya nggak bakal guna juga. Setidaknya untuk zaman sekarang.

Pada saat ini, teman-teman yang rajin dan ambisius (baik dianya maupun pembimbingnya) sudah banyak bergeliat.

Akhirnya, setelah entah bagaimana mengobrol sama Zain. Katanya, dia ada sejenis tawaran atau proyek untuk mengembangkan aplikasi pengenalan fosil foraminifera. Ada kakak kelas yang minta atau gimana gitu. Hmm… Setelah didiskusikan sebentar (walaupun saya agak ragu dengan tema horor tersebut), disepakati topik itu dibagi dua. Dia bagian klasifikasi genus/spesies foramnya, saya bagian preproses, ekstraksi fitur, dll.

Tengah Oktober – November 2011

Mengerjakan PR TA yang cukup melelahkan, misal merangkum 15 paper. Banyak teman sudah rutin berdiskusi sengit dengan pembimbing masing-masing. Saya? Hmm… Dari PR TA yang melelahkan tersebut, lumayan kebayang sih garis besar TA-nya. Cuma…

Sesaat setelah mengobrol tadi, kata Zain sih enaknya diskusi ke dosen geologi yang ahli Foraminifera dulu. Sekalian kalau ada minta data dan minta dijadikan pakar dalam TA-nya.

Awal Desember 2011

Sumber: Wikipedia/Foraminifera

Dua bulan berlalu. Entah karena rentetan kejadian yang bagaimana, rencana ketemu dosen geologi tadi terus tertunda dan tertunda.

Masuk Desember, mungkin karena guillotine sudah sedikit tampak, akhirnya jadi juga ketemu dosen geologi tersebut.

Ekspektasi: respon beliau positif.

Kenyataan: “Ah, buat apa lah program buat ngecek foram. Manusia aja sering salah kok. Mungkin ya kalau sudah tau datanya sih bisa juga, ini juga sudah ada petanya. Tapi kalau dari gambar? Wah, nggak bisa itu. Kan foram bisanya pake tes kimia… Menurut saya, tidak usahlah. Lebih baik waktu TA dimanfaatkan untuk hal lain saja.”

“Pak, programnya bisa juga membantu peneliti manusia. Jadi yang membuat keputusan akhir ya manusia. Program hanya mengelompokkan objek-objek yang mirip sehingga kompleksitas yang harus diteliti manusia berkurang. Misalnya, foram yang kotak dipisah sama yang lonjong”. Saya berargumen sok tau hanya dari paper-paper ttg. pengenalan foram otomatis. Sebuah fakta kan kalau ada orang yang meneliti pengenalan foram dari citra.

“Ah, terus kalau gitu gunanya apa?”

-.-. Oke, simpulan: bapaknya tidak bisa diyakinkan, topik nggak guna, dan tiga bulan sia-sia. Hiks…

Tengah Desember 2011

Galau lagi, deadline draf Tugas Akhir I adalah 3 Januari 2011. Dibantai oleh dosen geologi, sudah susah hati ini meneruskan topik sebelumnya. Batas mulai tampak. Pingin ganti topik, apa ya… Sempet nggak ya.

Dengan merenung sepanjang magrib, sambil menatap kanji board yang tertempel di dinding kamar, penggantian topik diputuskan. Apa topiknya? Saat kuliah pencit [Interpretasi dan Pengolahan Citra], salah satu yang kami lakukan adalah membuat pengenal huruf sederhana. Karena sudah kuliah, jadi saya sudah terbayang langkahnya, walaupun ehm pas kuliah pencit saya nggak selesai buatnya (atau malah nggak buat :D).

Sekarang, huruf apa enaknya yang dikenali. Huruf latin kayaknya nggak seru dan sudah pasaran, state of the art. Sepanjang magrib, dua pilihan akhirnya keluar: kanji atau huruf Arab. Sedikit diskusi dengan teman sekosan (yang TA-nya sudah separuh jalan lah (tidak seperti saya: reset)), kayaknya huruf Arab yang lebih asyik.

Akhir Desember 2011

Langsung, sehari setelah merenung, keinginan ganti topik (dan hasil diskusi dengan dosen geologi tadi) saya sampaikan ke pembimbing saya. Saat diusulkan kanji versus Arab, Pak Iping juga lebih cenderung ke Arab.

Mendekati seminggu sebelum deadline, seluruh rancangan TA dari bab I sampai bab III.1  kembali saya rombak. Yah, seluruh masa Tugas Akhir I sepertinya tertitikberatkan di seminggu itu. Hm…

30 Desember – 1 Januari 2012 (lupa pastinya tgl berapa)

Menjelang deadline, draf selesai. Masa itu adalah masa libur. Mau menunggu pembimbing hadir di kampus, sangat berisiko. Akhirnya, meminta ttd pengesahan dari dosen pembimbing pun harus ke rumahnya [with Sandy Socrates].

11 Januari 2012

Seminar Tugas Akhir I. Akhirnya, bisa juga seminar.

Presentasi dilaksanakan 20 menit dan tanya jawab sekitar 20 hingga 30 menit. Karena masih seminar TA-I, pertanyaan hanya berupa rencana ke depan dan saran-saran pengembangan.

Oh ya, berikut slide presentasi Seminar TA-I saya 13508011 Presentasi Seminar TA1 – v09 Jan2012. Kali aja ada yang mau lihat.

Akhir Januari 2012

Perwalian. Dosen wali kembali mewanti-wanti (persis seperti semester lalu) supaya cepat-cepat mengerjakan TA-nya. Nanti saat kuliah TA, yang duduk belakang pasti pada belum. Ntar bingung pas ditanya “siapa yang sudah selesai”, yang nggak angkat tangan cuma diri sendiri, kata beliau.

Saya berkonsultasi ke dosen wali mengenai masalah (dan rencana) studi saya dan timeline TA. Beliau sih memberi nasihat, April 2012 ini harus selesai. Biar case apapun yang terjadi, gampang. Saya dalam hati “tapi kan pak, nggak semudah itu”.

Pada saat ini, saya menimbang-nimbang kemungkinan terbaik dan terburuk atas perjalanan tugas akhir ini. Kemungkinan terbaik adalah April 2013 saya wisuda. Kemungkinan terburuk adalah April 2013. Wah, tanggalnya sama tetapi kejadian yang berlangsung di antaranya jauh berbeda. Hiks…

Februari 2012

Mau mulai TA, masih males. Kayak mau berleha sebentar dulu (sesuatu yang sudah diwanti-wanti dosen wali, sepertinya tidak mempan). Saya menunggu dan terlalu banyak berharap kepada langit.

Maret 2012

Agak lemas karena patah hati. Hasil worst case mulai tampak, tinggal mengejar normal case. Mau men-TA tidak tahu harus mulai dari mana. Teman-teman rutin seminggu sekali dipanggil bimbingan, tetapi saya masih blank. Mau ngoding, apanya duluan ya.

Salah juga pada masa ini, ada distraksi lain: proyekan. Padahal nggak jelas juga juntrungan ini proyek. -.- Setelah satu bulan lebih sedikit dikerjakan, akhirnya lost contact juga dengan pemberi proyek. Sama-sama males mungkin.

Setidaknya ada masa ini, pembuatan web Sandang Indonesia dimulai. Mungkin, satu-satunya hal baik di masa ini. Oh ya, ada lagi… Blog ini akhirnya dihidupkan lagi dengan rate pos eksponential dibanding sebelumnya: harian.

April 2012

Menatap langit yang tak berhasil kugapai… Sungguh biru dan indahnya langit tersebut. Tetapi belum saatnya aku terbang kesana. Ah, cahaya yang menyilaukan turun dari nun jauh sana. Apakah itu. Dewi langit kah?

Ehm. Selebihnya lihat eksposisi pada Maret 2012. Hari-hari saya isi dengan menulis blog.

Batas daftar seminar TA-II [23 April] untuk wisuda Juli, terlewatkan begitu saja.

Mei 2012

Mulai membuka NetBeans dan memelototi NetBeansProject yang baru dibuat disana. Hmm… Walaupun begitu, bingung juga mau mulai dari mana. Sampai sekarang, baru buat antarmuka pembuka gambar saja.

Sementara itu, orang-orang sudah pada daftar sidang. Hari-hari saya isi dengan menulis blog.

Juni 2012

Orang-orang sudah banyak yg sidang dan lulus. Hari-hari masih saya isi dengan menulis blog hingga beberapa bulan ke depan.

Saya sibuk mengurusi sebuah situs start-up sambil menyelamati orang-orang yang telah lulus tersebut. Semangat TA belum muncul.

Juli 2012

Daftar seminar TA-II untuk wisuda Oktober adalah 30 Juli, batas daftar sidang adalah 3 September dengan periode sidang 10 – 21 September 2012.

Melihat euforia wisuda kawan-kawan, rasanya sedih juga ditinggalkan.

Skema TA pada Juli 2012

Skema TA yang dibuat buru-buru pada Juli 2012.
Skema ini akhirnya tertempel di kamar selama 9 bulan berikutnya, tanpa digubris lagi.

Akhirnya tengah bulan I got to my sense. Sekitar tanggal 10 Juli, skema koding direncanakan. TA diminimasi sedemikian rupa sehingga waktu tersisa (1 bulan) bisa terkejar. Satu minggu dipakai untuk koding, arguably yang pertama kalinya. Koding dimulai dari ekstraksi fitur.

Akan tetapi, namanya juga TA mana bisa dikejar seminggu doang. Akhir Juli, lemas. Mungkin karena banyak hambatan akibat belum pahamnya thd materi. Yang paling membuat lemas adalah saat bertemu dosen pembimbing (setelah hampir satu semester tidak bertemu), kami “ditantang” membuat rencana pelaksanaan per minggu Agustus. Minggu yang mendekati libur puasa/lebaran.

30 Juli 2012

Hari deadline pengumpulan draft TA-II untuk pendaftaran seminar. Setelah dipikirkan, mustahil Agustus bisa selesai.

Hari pun dilalui dengan membaca Hunter X Hunter dari awal hingga tamat dengan mengabaikan beberapa pesan dari teman yang menanyakan kondisi seminar.

Agustus 2012

Pendaftaran ulang. Sudah yakin tidak bisa mengejar seminar TA-II periode 2, tentu saja satu semester lagi harus dilalui. Ditambah lagi, katanya ada peraturan baru tentang kuliah TA yang tidak lagi berlaku setahun, tetapi hanya berlaku satu semester (hingga oktober). Terpaksa daftar ulang.

Akhir Agustus – Awal September 2012

Pulang ke kampung halaman, di waktu mepet hari lebaran.

Akhir September 2012

Fokus kembali bergeser ke hal lain: peluncuran web Sandang Indonesia. Targetnya sih 02 Oktober bertepatan dengan hari batik. Karena ini masih awal semester, nyantai dikit nggak apa lah ya?

Awal Oktober 2012

Masih euforia peluncuran situs Sandang Indonesia ke publik. TA masih nyantai. Yang nambah mungkin sekarang sudah mulai pake versioning. Digunakan aplikasi pengatur versi git dan hosting bitbucket. Karena pada saat proyekan di masa lebaran bulan lalu, pakainya itu.

Awal-awal Commit Program TA

Tengah Oktober 2012

Coba bikin algoritma thinning dan beberapa fitur yang belum diimplementasikan. Agak ada waktu karena fokusnya sudah kembali ke TA sih. Entah mengapa, para founder Sandang Indonesia juga pada waktu ini tidak terlalu giat menyambungi grand launching. Mungkin sudah tenang karena sudah launch kali ya. Meskipun begitu, saya sangat berterima kasih kepada mereka for this turn of event.

November 2012

Fokus ke TA makin besar. Bulan kemaren sudah bimbingan sekali ke pembimbing. Ditargetkan bulan ini seminggu sekali sehingga sebelum 2013 habis program sudah selesai. Kenyataan? Cuma berhasil satu kali bimbingan di November ini.

Hal yang dikerjakan di bulan ini adalah segala yang berkaitan dengan segmentasi. Bodohnya saya. Segmentasi kan dari TA-I sudah saya tentukan mau pakai apa. Tinggal interpretasi dan koding dari paragraf penjelasan yang ada di paper, ya sudah. Kenapa nggak dari dulu. Jadi bisa banyak waktu untuk eksperimen meningkatkan performa/akurasi algoritma dan ngecek2 yang lain. Gitu aja kok repot.

Kemalasan (dan kepengecutan untuk memulai) memang merepotkan.

Allahuma inni audzubika minal hami wal hazan minal ajzi wal kasal minal jubni wal bukhl min ghalabatiddayni wa qahrir rijaal

Ya Allah lindungilah hamba dari kecemasan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari kepengecutan dan kekikiran, dan dari hutang yang melilit dan tekanan orang lain.

Desember 2012

Bimbingan ternyata tidak seburuk yang saya kira. Jika ada bagian dari program yang bisa ditampilkan, tidak jadi masalah. Paling 15 menit bimbingan selesai. Tidak ada ceramah sejam tentang bakso, pacaran, dll. Semua lancar. Ngobrol yang lain juga jadi enak. Bahagianya…

Ngoding juga nggak seberapa susah kok ternyata. Tidak semenakutkan yang dibayangkan sebelum memulai. Kalau sudah menjejakkan jari ke kibor, masalah demi masalah memang muncul. Tetapi semua dapat dipikirkan solusinya selama pengerjaan sudah dilakukan.

Pada saat ini, sketsa UI final sudah terbayang.

Akhirnya, pada saat ini, sketsa UI final sudah terbayang.

Meskipun begitu, sebenarnya tidak intensif seminggu full juga nea nya. Paling seminggu cuma dua hari…

Januari 2013

Huh, target selesai semua program sebelum 2013 ternyata gagal. Mengerjakan TA beberapa hari berturut-turut ternyata melelahkan sehingga perlu istirahat di sela-selanya. Padahal, kelembaman pengejaan TA itu tinggi. Benda lembam kalau sudah berhenti kan sulit digerakkan lagi. Efeknya, pengerjaan molor hingga Januari 2013.

Segmentasi yang baru final bulan lalu akhirnya dievaluasi di bulan ini. Segmennya ada ribuan dan harus diperiksa satu-satu manual, jadi nggak tega untuk memulainya. Setelah dicoba berbagi beban dengan teman, ternyata setelah mulai bisa juga. Tiga hari kerja selesai evaluasinya.

Komit yang paling banyak dalam pengerjaan Tugas Akhir adalah pada bulan Januari ini. Full power.

30 Januari 2013

Pendaftaran Seminar Tugas Akhir II. Akhirnya bisa mendaftar…

Kali ini ndaftarnya lebih cepat dari teman-teman yang lain. Waktunya juga lebih cepat: pertama! Hari Senin!

“Ambisius…”, kata sesama pejuang yang ada di lab gaib.

Februari 2013

Membuat slide presentasi untuk seminar dan menambahi beberapa fungsi program yang belum. Slide dibuat dengan tulisan seminim mungkin. Untuk yang ingin melihat, silakan ambil slide presentasi seminar saya di 13508011 Presentasi Seminar TA2 – v4 Feb 2013 tapi karena tulisannya minim, mungkin Anda akan bingung mahluk apa yang ditulis disana.

Sampai seminar, klasifikasi huruf belum dibuat. Jadi dari lima tahap pengenalan huruf Arab (praolah -> penipisan -> segmentasi -> ekstraksi fitur -> klasifikasi), yang paling akhir belum.

Semula rencananya klasifikasi dilakukan secara manual (tanpa learning) dan dari stroke huruf. Karena mepet terpaksa skema sedikit diubah. Mengalah. Jadi dibuat learning saja dan memakai pustaka Weka.

4 Februari 2013

Seminar TA-II. Pada seminar Tugas Akhir II Prodi Teknik Informatika, hanya ada satu dosen: dosen pembimbing. Beliau berlaku sebagai dosen penguji juga, dalam hal tanya-menanya.

Harusnya seminar dimulai pukul 10. Setengah jam sebelumnya, saya dan teman penonton sudah siap menunggu di ruangan seminar. Pak Iping belum datang juga. Saya pun me-sms dan menelpon beliau. Tidak dijawab. Pukul 10 tiba. Pukul 10.30. Tidak diangkat juga. Gleg…

Akhirnya seminar pagi itu batal. Mungkin bapaknya lupa. Salah saya juga tidak mengingatkan bapaknya di hari sebelumnya. Yah, saya pikir karena ini resmi (bener kan, seminar TA itu resmi) ya TU yang mengingatkan. Mana jadwal seminar juga baru diumumkan hari Senin itu. Mepet. Kalau dari Jumat jelas jadwalnya, kan saya juga enak ngasih tahunya. Ternyata katanya Jumat mati lampu, jadi apa boleh buat.

Akhirnya saya menghadiri seminar orang lain dulu. Gagarin pada jam 11. Nabilah pada jam 12.

Sekitar jam 13, ponsel saya berbunyi. Pak Iping yang menelpon. Benar, beliau lupa katanya. Kemudian beliau menawarkan seminar jam 4. Tentu saja saya sanggupi. Masak gagal seminar.

Syukurlah, akhirnya seminar berjalan dengan lancar. Walaupun pada saat seminar, beberapa batasan disuruh dicabut.

Antarmuka TA Final

Hasil Akhir Antarmuka Perangkat Lunak TA

5 Februari – 16 Februari 2013

Fase revisi pasca seminar (dan penambahan fitur yang belum) hanya ada dua minggu. Jadi dua minggu ini terpakai full mau tidak-mau untuk pengerjaan tugas akhir.

Yang belum saya kerjakan adalah komponen klasifikasi beserta pengujiannya, pengujian perangkat lunak secara umum, dan batasan yang dicabut tadi misalnya dokumen boleh miring. Dua pengujian yang saya sebut sama めんどう-nya sama pengujian segmentasi sebelumnya. Dengan sedikit ketegaran, keduanya dimulai juga.

18 Februari 2013

Batas pendaftaran Sidang Tugas Akhir Prodi Teknik Informatika ITB. Alhamdulillah, sehari sebelumnya saya sudah mendaftar (dengan menyerahkan draft akhir laporan TA).

Jadwal sidang TA saya didaftarkan pada Selasa, 26 Februari 2013. Dosen mengusulkan Senin atau Selasa sih. Tidak saya daftarkan Senin, supaya kejadian seminar TA-II tadi tidak terulang.

19 Februari – 25 Februari 2013

Menambahi slide seminar dengan hasil-hasil yang dicapai setelahnya. Selebihnya agak nyantai karena tinggal sidang.

Berikut slide akhir yang saya presentasikan saat Sidang TA: 13508011 Presentasi Sidang – v23 Feb 2013. Perbedaan dari slide seminar adalah dari hasil pengujian dan simpulan.

26 Februari 2013, 10:30

Sidang tugas akhir [musik sparta].

Deg-degan tetapi kurang lebih alhamdulillah lancar. Segala perbaikan hanya jatuh pada laporan saja. Karena dosen pembimbing saya jarang memeriksa laporan, saya agak tenang. Fix sekali, beres. Deadline pengumpulan laporan adalah 13 Maret 2013.

Salah satu yang jadi komentar dosen penguji adalah banyaknya istilah “asing” di laporan saya karena saya menerjemahkan istilah asing ke bahasa Indonesia. Contoh: 10-folds cross validation menjadi validasi silang 10 lipatan.  Saya tidak mau laporan saya kebanyakan istilah berbahasa Inggris. ^^v

27 Februari – 02 Maret 2013

Menyelesaikan segala revisi laporan. Abstrak yang tata tulisnya masih aneh (di dokumennya nggak ada dianggap aneh, hore!!). Beberapa kalimat yang sudah tidak berlaku di laporan terakhir ini. Beberapa bab dan gambar yang diminta diperjelas. Dan simpulan yang diminta disingkat dan saran yang beberapa diperjelas dan beberapa dihapus. Tentu saja, walau tidak diperiksa dosen pembimbing, semua yang diminta dosen penguji saya tambahi loh! Karena tidak diperiksa dosen pembimbing, saya sendiri deh yang harus memeriksa berkali-kali supaya hasilnya tidak ada kesalahan tulisan, dll. Semoga memang tidak ada.

Oh ya, selain laporan beberapa hal lain juga diminta saat pengumpulan akhir. Misalnya pas foto terbaru, poster, dan paper. Saya berinisiatif menyingkat paper yang sudah saya tulis sebelumnya menjadi 3 halaman (yg dikumpul untuk STEI) karena paper yang 6 halaman kemungkinan akan dipakai di kesempatan lain.

05 Maret 2013 – 06 Maret 2013

Mencetak buku. Mengurus penutupan rekening. Mengurus tanda bebas pinjam perpustakaan.

07 Maret 2013

Meminta tanda-tangan pengesahan dari dosen pembimbing dan mengumpulkan semua persyaratan wisuda.

08-10 Maret 2013

Menerjemahkan paper yang 6 halaman dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atas permintaan dosen pembimbing.

12 Maret 2013

Panik karena makalah bahasa Inggris yang dikumpulkan ternyata salah template. Saat iseng, diketahui ternyata ada dua konferensi bernama ICEEI, ini dan ini. Yang mau dituju yang kedua, yang saya temukan saat pertama kali googling yang pertama.

Akhirnya, saya memperbaiki templat makalah dengan fourius (karena deadline-nya tanggal 15) dan mengirimnya lagi ke pembimbing.

18 Maret 2013

Memulai penulisan artikel ini.

21 Maret 2013.

Artikel ini selesai ditulis dan dijadwalkan publikasinya pada 6 April 2013.

6 April 2013

Artikel ini dipublikasi dan Wisuda April dilaksanakan. Sesuai dugaan. Best case dan worst case, saya diwisuda April. Dan ini adalah hasil worst case.

Note: entri yang terakhir ini belum terjadi saat naskah artikel selesai ditulis.

4 Comments

    • Good insight, but if there is mystery in this article, all clue has been presented.

      Buat pertanyaan yg kedua, silakah tanya kepada asisten gaib/ siapapun yang dibimbing sama pak Iping.

      • I guess there wasn’t anything caught by these old eyes so I better start looking the other way.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s