In Japan, Kerja di Jepang
Comment 1

Cafeteria Plan

Di kantor saya sekarang (Works Applications, Tokyo) ada yang namanya cafeteria plan. Benda ini termasuk dalam paket kesehatan tambahan yang jadi employee benefit dari kantor. Kongkretnya, kami pegawai bakal dapat 32.000 point per tahun, dibagikan pada 1 April setiap tahun.

Satu point setara dengan satu yen, bisa dibelanjakan di beberapa merchant atau klinik kesehatan yang berafiliasi dengan kantor. Tapi beda dengan medical check-up standar ya, karena medical check-up rutin (gratis dari perusahaan) dan asuransi kesehatan adalah wajib di Jepang. Beda paket/sistem. Meski begitu, kalau mau tambahan medical check-up dari plan ini ya boleh juga…

Si point juga bisa “dibelanjakan” di suatu web yang disediakan oleh トーマツ健康保険組合. Kayak amazon gitu, cuma situsnya jadul kaya tahun 90an. Isinya macam-macam sih, tetapi terkait kesehatan. Klinik-klinik, check-up ini itu, obat kosmetik, alat kesehatan aneh-aneh, dll. Ada elektronik dan benda besar macam-macam juga sih, tapi terkait kesehatan. Misal humidifier, oven, sepeda, tread mill, atau Apple Watch. Sayangnya harga disini lebih mahal dari harga standar di luar.

Luyaman juga, setahun dapat 32.000 yen pesangon non-gaji, karena bukan gaji jadi nggak dipajaki!

Situs tukar poin di kantor.PNG

 

Saya baru tahu kalau ternyata cafeteria plan ini diadopsi dari USA dan sudah diterapkan di Jepang semenjak 1995. Artinya di perusahaan lain juga ada sistem employee benefit yang sama, tapi mungkin beda besar point yang diperoleh, atau variasi komponen yang didapat bukan cuma point aja tetapi ada jasa lain, bla-bla-bla.

Tapi kok, di perusahaan saya yang lama di Nagoya kok nggak ada ya… Atau saya aja yang kuper, soalnya di perusahaan ini aja baru tahu tahun ini, lebih dari satu tahun setelah masuk. Begitu tahu, cek ada jatah poin sebesar 64.000! Diapaain ya, Apple Watch aja kah?!


Eh, btw, ini berarti bisa jadi komponen negosiasi kalau lagi cari kerja ya. “Okay deh, gaji dan bonus boleh segini segitu tapi saya minta cafeteria plan setahunnya ditambahin segini, gimana?” gitu… Hmm…


Ada artikel menarik juga tentang cafeteria plan di Jepang: An Overview of Japanese Cafeteria Plans -Objectives and Results (1998, Tamie Matsuura)


Btw, penasaran, di Indonesia ada nggak?

Iklan

1 Komentar

  1. Ping-balik: Jadi, Poin Itu Mata Uang Juga. Mata Poin! | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.