Cerita Jepang
Tinggalkan sebuah Komentar

Jadi, Poin Itu Mata Uang Juga. Mata Poin!

Saya pernah menulis tentang kartu poin dan beragam jenisnya. Pendeknya hampir setiap merchant menyediakan sistem kesetiaan pelanggan ini baik restoran kecil, mall besar, situs belanja online Amazon, sampai maskapai penerbangan juga (walaupun namanya bukan point tapi mileage).

Saya juga pernah cerita tentang kafeteria health plan yang memberi poin sebagai employee benefit. Saya juga pernah (baca: akan, suatu saat nanti) cerita tentang kartu kredit di Jepang dan manfaatnya yang melebihi debit atau tunai. Salah satunya adalah poin ini.

Semua sistem yang berbeda itu intinya sama. Lakukan suatu aksi (umumnya: belanja dengan quota tertentu), merchant akan menghadiahi kita poin. Poin ini nantinya bisa dijadikan diskon saat kita ingin menggunakan jasa si merchant lagi di masa depan.

Disini saya akan cerita tentang poin lebih dalam.

Tukar Poin

Pernahkan kalian berandai-andai? Bisa nggak ya poin ini dituker gitu, bukan diskon. Jadi tanpa harus belanja.

Well, poin yang ada di kartu kredit harus dituker ke objek lain. Soalnya kartu kredit kan bukan merchant, tapi penghubung antar kita dan merchant, jadi agak nggak logis kalau mereka memberi diskon berdasarkan poin tadi. Sebaliknya, mereka memberikan semacam katalog barang untuk membelanjakan si poin yang kita kumpulkan dari pemakaian kartu kredit. Setiap barang ada tag harga, dengan mata uang P, poin.

Kayak di Time Zone aja!

Katalog belanja VPASS.PNG

Katalog tukar poin dari VPASS, ada yg lebih murah ada yg lebih mahal dari pasaran

Well, tuker bukan gitu maksud gue sih! Pengen tukar dari satu merchant ke merchant lain gitu… Atau ditukar jadi duit keras nyata dan beneran lebih mantab…!

Well, you are in luck!


Broker Poin

Berikut adalah salah tiga dari contoh jasa penukaran koin. Bisa dibilang broker atau bursa kali ya…

Dengan bursa poin di atas kita bisa menukar poin kita punya ke poin apapun. Kurang lebih dengan tiga syarat, 1) poin asal punya fitur transfer ke bursa di atas, 2) akun tujuan ada di daftar si bursa, 3) rela membayar biaya transfer, walaupun banyak juga yang gratis sih.

Nah, syarat yang pertama yang paling sulit. Itu tergantung dari merchant yang memberi kita poin. Dalam kasus VPASS, perusahaan manajemen kartu kreditnya SMBC, mereka memberi beberapa opsi untuk menukar ke mata poin lain.

Setiap merchant lain punya peraturan pemberian poin yang berbeda, sehingga secara esensi poin dari merchant ke merchant itu beda mata poin. Sehingga, kalau mau menukar ke poin lain pasti ada exchange rate-nya. Seperti gambar berikut ini.

From VPASS.PNG

Beragam titik tujuan tranfer poin dari SMBC, beserta kursnya

Kalau punya AU Wallet, penukaran dari kartu kredit SMBC ini enak banget. Jadi kayak menukar ke uang tunai. Hard cold cash!

SMBC juga punya exit point ke tiga bursa poin yang saya sebut di atas. Sedemikian sehingga, secara efektif poin kartu kredit ini bisa ditukar ke (hampir) mata poin manapun di Jepang.

Nah, dengan adanya broker poin disini, ada sesuatu yang agak aneh. Mari sedikit saya jelaskan…

Misal kita ingin tujuan akhir kita Amazon Gift Card. Kalau kita transfer langsung dari konsol si VPASS, kurs yang berlaku adalah sebagai berikut.

VPASS >--(1 P -> 5 Yen)-->  Amazon Gift Card

Gift Card adalah salah satu konsep yang harus dijelaskan terpisah. Intinya kayak kartu top-up gitulah, tapi isinya fix tidak bisa ditambah. Dan cuma bisa dipakai di tempat tertentu, dalam kasus Amazon Gift Card ya di amazon. Karena top-up berisi uang tunai, menukar 200 P dari kartu kredit ke Amazon Gift Car akan memberikan kita 1000 yen.

Nah, disini titik anehnya. Gimana kalau kita transfer dulu ke PeX, sebelum transfer ke Amazon Gift Card.

VPass >--(1 P -> 50 P)--> PeX  
PeX   >--(990 P -> 100 Yen)--> Amazon Gift Card

Note:

  • P -> P maksudnya adalah  poin di layanan kiri ditukar ke poin layanan kanan. Jadi beda mata poin P kiri beda dengan mata poin P kanan.
  • Di atas sama ambil control via PeX, soalnya via PointExchange ada transfer fee nya (50 PeX point).

Nah, transfer dengan perantara PeX tadi bisa buat kita untung 1% tuh.

VPASS >--[Via PeX](1 P -> 5.050505 Yen)-->  Amazon Gift Card

Keren kan!

The only downside, adalah setiap transfer biasanya membutuhkan waktu proses yang cukup lama. Satu dua minggu, tergantung titik awal dan akhir transfer.


Point Farming

Oh ya, broker di atas bisnis utamanya bukan jadi perantara penukaran poin. Mereka juga bertindak sebagai hub untuk promosi dari merchant-merchant lain. Mereka menyediakan daftar promosi dari beragam merek, kartu, dll. Lakukan aksi ini, dan kamu akan mendapat poin berikut!

Saya sih bisa membayangkan, kita sebagai petani poin bisa mendapat banyak poin dengan memantengi situs broker poin di atas. Cek aksi yang nggak begitu merugikan, misal daftar kartu kredit satu tahun pertama gratis. Atau buat akun membership di toko/gym mana. Atau beli/pakai jasa apa.

Bertani Poin.PNG

Bertani poin: daftar AU Hikari dapatkan poin 220.000P, diskusi tempat tinggal ke Fudosan OneRoomOwner dan dapatkan kan 12.000P, invest di kondominium dan dapatkan 300.000P

Asalkan rajin melototi promosinya, dan hati-hati dengan syarat dan ketentuan. Serta berdedikasi untuk menghafal layanan mana yang udah dipakai dan tidak menguntungkan lagi, sehingga menghindari risiko after the fact. Misalnya setelah dapat si poin, kita tutup si kartu kredit atau membership tadi. Sedikit keraguan saya untuk bisa panen poin banyak disana.

But, it sounds work! A chore!^^
Tapi kayaknya bikin capek. Jadi males, haha.


Jadi, intinya Poin itu mata uang juga! Dan karena jenisnya banyak, jadi mata poin!

Mirip-mirip dengan e-coin kali ya…

Coba-coba invest di poin kali ya. Poin yang lagi ngehit apa yak…

(Dan ternyata R-Poin dari rakuten bisa buat beli/dijadikan investment mutual fund, dll. Oh god…)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.