Racuan Si Blog
Comment 1

Bingung Domain Blog Baru: Albadr dan .ln

Jadi dari dulu saya pengen bikin domain baru dan ngeblog di hosting sendiri. Lihat-lihat di perusahaan hosting kayaknya ga begitu mahal. Mungkin yang 50.000 (rupiah) sebulan udah lumayan. Cuma buat blog doang kan, 500 yen. Kalau punya domain & hosting sendiri, bisa macem-macem. Pake tema wordpress yang keren. Atau malah upload situs / subdomain sendiri. Folder repo sendiri. Atau multi blog di bawah satu nama.

Yang membuat hal itu hingga saat ini hanya berupa wacana salah satunya adalah nama domain. Enaknya apa ya? Di .id atau di .com atau dimana? .me? Melihat nama blog ini, kalau disamakan ya tinggal albadrln.com tapi kok kayaknya hmmm… Ada yang kurang. Atau albadrln.id? Hm…. Albadr.id? Albadr.me? Ada usulan?

Yang paling ideal adalah kalau ada top level domain .ln, sayang belum ada negara dengan nama berhuruf l dan n. Ada satu situs yang entah benar atau tidak (menurut wiki) memberi domain .ln bagi pelanggannya. Situsnya ttg pembelian sertifikat tanah di bulan gitu -.-. Si .ln adalah domain bagi lunar, katanya.

Cuma ini situs kayak hoax banget gitu… I mean. Mana ada jualan tanah di bulan. Tapi itu ga penting, yang lebih penting sih domainnya. Keterangan ttg si domain .ln juga ga ada dimana-mana. Entah udah ga support lagi atau emg ga ada. Lagipula kalaupun ada, belum tentu DNS internasional pada support domain .ln ini.

Sebenarnya kalau itu beneran wow banget. Albadr kan artinya purnama. Si .ln domain di bulan. Bisa jadi https://albadr.ln, wow bahagia sekali saya.

Sama kayak di gmail dan yahoo, saya juga pengen buat akun email albadr.ln@gmail.com. Biar semua email di provider saya seragam. Eh, walaupun kaga ada yg punya ini email, tapi ga bisa diklaim. Kalau albadr.ln9 baru bisa. Argh…


Hal lain (yg membuat hosting masih berupa wacana) adalah tentu keberadaan blog ini. Masa blog double. Ga efisien lah. Atau dipisah fokus blog satu yg di wordpress.com dari yang di domain.sendiri? Kayak rajin nulis aja beda blog beda fokus, atau beda blog beda bahasa.

Mau dimigrasi sayang juga… Udah lumayan banyak tulisan dan traffic kesini. Kalaupun di salin-tempel ke hosting baru, yg lama masa dihapus? Kalau dobel kan malah lucu, entar dilihat google plagiasi malah.

Sebenarnya, banyak kepikiran ingin buat blog murni baru sih. Juga masih berupa wacana. Misalnya sama temen ingin nulis blog ttg belajar bahasa Indonesia dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Lumayan buat latihan nulis inggris kan (buat latihan tesis/paper). Lumayan senang juga nulis ttg bahasa Indonesia gt. Di web, masih susah menemukan blog semacam ini. Ada satu dua, tapi non-gramatikal. Pengennya yang seperti situs bahasa jepang ini nih.

Peta konten seluruh blog sudah dirancang bareng si temen. Cuma karena platformnya blm ada ya baru masih wacana.  Ide lain misalnya blog tentang sains, tahukah kamu, atau tanya kenapa gitu. Tulisan begini pasti laku dan yang berbahasa Indonesia jarang. Isinya juga tinggal alih bahasa plus mensarikan banyak sumber sains bahasa Inggris yang tersebar luas kan. Wong kalau nganggur juga bacanya/nontonnya itu. Mending sekalian kontribusi di konten bahasa sendiri ga sih? Konten berbahasa Indonesia masih sangat jarang.

Tapi sayang, progress report mingguan ke sensei aja ketar-ketir mau bikin kerjaan baru. Meskipun sebenarnya bikin tulisan satu bulan sekali ga begitu masalah sih, dan bisa dibuat terbuka dengan kontributor teman-teman lain. Tapi yah, sementara ini masih wacana saja. Mikir domain dulu, enaknya namanya apa yak,, Keburu diambil orang nih.


Di blog ini ada budaya untuk membuat tulisan rambling saat sudah lama gak menulis dan tiba-tiba frekuensi menulis jadi ‘agak’ meningkat. Semua rambling sejenis ini bisa dilihat di bawah kategori Blog’s Rambling dan biasanya ditulis dengan sudut pandang si blog sebagai penulis artikel. Tulisan ini menjadi jatah untuk rambling hiatus periode ini (bulan ini udah lebih dari 5 pos! Padahal 5 bulan sebelumnya cuma satu per bulan).

Tapi entah kenapa, lagi males mempersonifikasi si blog nih. Maaf ya blog.

Iya ndak apa, aku tahu loe emang malesan kok. Aku kan blogmu, isi pikiran dan hatimu…

Ahh… So sweett… Naon sih,-

1 Komentar

  1. sebenernya tulisan si Om personal bgt, tp anehnya saya suka dgn penyampaiannya. salut. dan saya bsa menikmati ceritanya.
    soal domain, saya mau komentar kalau ttp TLD plg manteb ya .com🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s