Desain, Dunia Maya, Sains Logika
Comments 3

Hobiku Dulu : Membuat Ambigram

Waktu saya masih muda dulu (baca: masih TPB), saya suka sekali mengotret-otret buku binder. Waktu itu kebetulan lagi zamannya Angels&Demons. Sebuah novel Dan Brown yang sangat memukau dan diisi oleh berbagai ambigram. Nah, salah satu yang suka saya otret-otret adalah ambigram. Asyik rasanya membuat ambigram.

Oh ya, ambigram adalah sebuah kata atau bentuk yang jika dilihat dari sisi, dengan cara, dan melalui sudut lain tetap mempertahankan maknanya atau memiliki makna lain. Misalnya kata suns dibalik juga bisa dibaca suns. Kasur Nababan Rusak yang berupa palindrome bisa dibilang termasuk dalam ambigram. Namun, biasanya ambigram yang cantik tidak memiliki susunan huruf yang palindrom. Meskipun begitu tetap bisa dibaca sama, jika dibaca terbalik, dicerminkan, atau dengan sudut persepsi tersentu. Logo perusahaan SUN, yang muter empat kali itu juga termasuk ambigram.

ALBADR STEI EL-IF

Tengah : ALBADR, Logo Merah: IF-EL

Ambigram juga tidak mesti sebuah kata dibalik menjadi kata yang sama ya. Bisa juga menjadi kata yang berbeda, berpadanan, atau bertentangan. Contohnya, ambigran EL-IF, dua kubu bertentangan pada Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Logo di atas juga sedang populer pada saat saya masih TPB.

Contoh ambigram yang saya buat adalah ambigram di atas. Logo EL-IF nya agak ngadaptasi dari yang sudah ada sih, agak beda (kalau nggak salah) dengan resminya. Ang di tengah pada gambar di atas adalah nama saya: ALBADR. Gimana? Agak aneh ya.

Ambigram yang sering saya buat adalah nama orang. Karena waktu TPB saya aktif di Unit Budaya Lampung, kebanyakan yang saya buat ya nama-nama dari teman UBALA saya. Berikut contohnya.

Coba tebak, masing-masing ambigram berikut bacanya apa. Kalau mau tahu bacaan aslinya, klik saja pada gambar yah.




Yang di atas agak lumayan, yang di bawah ini agak jelek ya. Haha, maaf buat yang punya nama. Kurang cocok kayaknya di-ambigramkan. (Lebh tepatnya sayanya yang kurang niat/pengalaman sih)




Nah yang di bawah ini juga lumayan, untuk kartu ucapan misalnya. Tapi jangan asal main comot dari sini ya, hak cipta milik masih jadi milik saya. Cukup minta izin aja kok, kalau mau make.😀


Selamat dan sukses


Oh ya, tahukah Anda kalau ada tools untuk membangkitkan ambigram secara otomatis? Ada loh… Tapi yang gratisan hasilnya jelek. Coba di Ambimatic, hasilnya lucu.

Kalau mau bagus ya berbayar. Di flipscipt hasilnya WOW SAMBIL KOPROL! PARAH KEREN! Mesti coba kalian!!! Algoritma pembuatannya katanya lebih canggih, pakai rumus matematika terpatenkan, dan pemosisian yg wow (dengan kelemahan bahwa tidak semua dua pasang kata bisa di-ambigramkan, tetapi kecil kemungkinannya kok). Sayangnya di flipscript saya cuma bisa dilihat previewnya saja, hm…

Silakan coba pada pranala berikut.

Ambigram yg saya hadiahi ke Fikri kemaren juga diadaptasi dari preview bangkitan flipscript. Keren ya..

Btw, ada yang mau TA/ tesis membuat program generator ambigram? Cukup menantang dan seru sepertinya.😀

3 Comments

  1. margaretha says

    Bisa minta tolong buatin gk? Margaretha – Michael

    Thanks befOre

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s