Haduh-haduh
Comments 2

Ringkihnya Plat Belakang Motor di Bandung

Plat Motorku

Pernahkah Anda memperhatikan motor-motor ketika Anda berada di jalan raya? Coba perhatikan plat belakangnya. Pasti Anda akan menemukan bahwa sebagian besar plat belakang motor itu penyok alias rusak, seperti plat milik motor saya di bawah ini.

Plat Motorku

Ketiup Angin Apa yak?

Dan juga sedikit koleksi foto plat motor di sekitar kosan saya, yang saya ambil sambil jalan ke warung mie. Lihat foto bawah, buat empunya maaf ya plat motornya difoto tanpa izin.

Oh ya, plat nomor-kendaraan saya sebelumnya (platnya yg sebelumnya, bukan kendaraannya) juga rusak melengkung ke belakang di bagian dua sisinya. Lama dibiarkan, salah satu baut yang mengunci plat ke dudukannya pun terlepas. Susah boi masangnya lagi ternyata. Kemudian pada suatu ketika plat tersebut raib. Entah kabur kemana. Sepertinya jatuh, tidak mungkin kan dicuri orang. Terpaksa bikin ulang deh di pinggir jalan.

Hipotesis bahwa angin adalah penyebab utama kerusakan masal ini sepertinya lumayan kredibel.

Plat

Jarang yg plat depannya rusak, cuma nemu satu di foto kiri bawah tuh.
Padahal angin kan dari depan?

Kenapa ya? Apakah karena plat yang dikeluarkan polisi itu lemah? Atau memang angin. Coba perhatikan, pasti plat yang penyok itu penyok ke belakang alias melengkung seperti dilipat ke belakang (kalau belum dibenahi oleh si empunya motor) atau sengaja di lipat ke depan supaya aman nggak lepas.

Namun, kalau ketiup angin kok yang di depan kayaknya biasa aja… Maksudnya, penderita kerusakan tidak sebanyak plat belakang.

Dan yang saya bingung, fenomena ini baru saya lihat di Bandung. Sepertinya waktu di Metro, dan juga di Tanjungbalai, saya tidak melihat adanya fenomena ini. Emangnya angin di Bandung separah itu?

Bagaimana, daerah Anda memiliki fenomena yang samakah? Plat motormu gimana?

Plat-plat yang bertahan biasanya diberi lapisan kayu di sisi dalam plat atau pelindung plastik sehingga plat masih mulus seperti baru. Tapi kayaknya mahal, jadi saya males beli. Udah penyok juga.

2 Comments

  1. Ping-balik: Reformasi Birokrasi Pemerintah dan Pembayaran Pajak Motor Tahunanku | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s