Racuan Si Blog
Tinggalkan sebuah Komentar

Tulisan WordPress. Ini bagian judul.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis artikel di WordPress adalah teks atau penampakan tautan artikel pada saat dipublikasi di jejaring sosial. Seperti yang umum diketahui, menulis kan nggak asyik kalau nggak dibaca orang. Nah, membagi ke FB/Twtter/dll menjadi ide yang bagus kan. Syukurnya WordPress punya sistem yang namanya publicize. Ia secara otomatis menspam akun facebook, twitter, media lain dengan artikel yang baru Anda tulis.

Nah, ternyata teks yang bakal tertera di jejaring sosial (misal status atau tweet) bisa diubah juga loh. Kayaknya saya aja sih yang katrok.

Nah, hasilnya seperti gambar di bawah ini nih.

Hasil Publicize WordPress di Facebook

Bagian tulisan pada publikasi wordpress.

Ada tiga bagian teks yang tampil di sana.

Judul ya biasa lah ya, editnya di judul. Ringkasan atau kutipan bisa disunting di bagian excerpt tepat di bawah jendela penulisan WordPress. Kalau ini dicuekin, biasanya paragraf pertama yang ditampilkan. Kadang bisa error juga loh.

Nah, yang sering terlupakan adalah teks jejaring sosialnya. Karena tersembunyi, bisa jadi terlewat. Penyuntingannya ada di bagian publicize tepat di atas tombol publish-nya WordPress.  Disitu tinggal ubah mau kemana aja artikel ini dipamerkan dan apa teksnya.

Terus, di bagian gambar akan tampil gambar pertama dari artikel. Mungkin kalau temanya punya kapabiliti featured image (misal di wordpress dengan host sendiri), bakal dimunculkan gambar pilihan, bukan yang pertama.

Nah, lain kali jangan lupa mengedit ketiga teks tersebut ya, penulis blogku.

Hari-hati juga bahwa teks di bagian custom message yang bakal ditampilkan di jejaring sosial jangan panjang-panjang. Ntar nggak muat di Twitter. Sisakan space buat teks link sekitar 20 karakter lah. Oke?

Jendela Penulisan WordPress

Jangan lupa bagian yang tertandai merah.

[Pesan ini disampaikan oleh si blog kepada si penulis blog. Anda bukan penulis blog ini? Abaikan saja.]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s