Sains Logika
Comments 2

Statistik: Bahaya Kecanduan Tomat

92.4% kenakalan remaja dilakukan oleh remaja yang pernah makan tomat.

82.1% kriminal di penjara super ketat seluruh Amerika Serikat diketahui pernah makan tomat.

Dari sumber yang dapat dipercaya, 92.1% dari komunis kebangsaan Amerika pernah makan tomat.

84% orang yang terbunuh pada kecelakaan mobil pada tahun 1954 juga diketahui pernah makan tomat.

Pada populasi manusia yang lahir sebelum tahun 1850, terlepas dari suku, bangsa, warna, maupun kasta, dan diketahui pernah makan tomat, angka kematian mencapai 100%!

Segelintir pemakan tomat yang lahir di antara 1850 hingga hingga 1900 diketahui masih bisa bertahan hidup. Akan tetapi, pemeriksaan medis menunjukkan tulang rapuh, gerakan yang melambat, kulit mengkerut, penglihatan rusak, rambut rontok, bahkan seringkali mereka kehilangan semua giginya! Angka keselamatan bagi mereka yang lahir di antara 1900 hingga 1950 memang agak lebih tinggi, tetapi gejala efek kecanduan tomat yang mengerikan itu hanya berbeda pada tingkat keparahannya saja. Hal ini sulit diperkirakan.

Eksperimen menunjukkan bahwa jika pemakan tomat tersebut dihalangi dari candunya, tak pelak gairah mereka menyebabkan mereka beralih ke candu alternatif-misalnya  jeruk atau kentang. Jika tomat dan seluruh alternatif ini terus dihalangi dari pecandu, kematian tak terelakkan akan terjadi dalam waktu singkat.

Bagi mereka yang skeptis terhadap statistik ini, atau mereka yang tidak bisa menerima tanpa bukti yang jelas dapat melakukan eksperimen sendiri. Ambil dua lusin tomat (tomat dapat diperoleh dengan mudah beberapa blok dari sekolah, atau bahkan tumbuh di halaman belakang rumah tetangga!!). Hancurkan hingga tomat tersebut dalam keadaan seperti ketika ia masuk ke perut. Kemudian tuangkan jus keji tersebut ke dalam sebuah mangkok. Masukkan ikan mas ke dalam mangkok tersebut. Dalam waktu beberapa menit, ikan mas tersebut akan mati!

Bagi mereka yang berpendapat bahwa bisa saja yang terjadi pada ikan mas tidak akan terjadi pada manusia, dapat – dengan keputusannya sendiri – melakukan uji coba langsung dengan memasukkan kepala manusia hidup-hidup ke dalam larutan tersebut selama lima menit.

*Untuk hasil yang memuaskan, disarankan melakukan uji coba tersebut dengan subjek eksperimen yang akrab dengan dan sering melakukan metode yang didemonstrasikan di atas, misalnya: (a) Rata-rata politisi. Perlu dicatat bahwa subjek ini amat sangat sulit ditemukan hampir dalam semua waktu dan keadaan, selain sesaat sebelum pemilu berlangsung. (b) Penulis iklan. Sangat waspada dan sulit dikejar berkat pengalamannya dengan banyak tuntutan hukum untuk klaim palsu. (c) Moralis berdedikasi. Yang ini pasokan sangat berlimpah. Bahkan mungkin Anda akan mendapat hadiah dari komunitas yang berterima kasih dengan Anda.

.

Dialihbahasakan dengan sedikit adaptasi dari artikel berjudul The Dread Tomato Addict, http://vintage.failed-dam.org/tomato.htmArtikel ini semula diperbitkan pada Astounding edisi Februari 1958 dan 101 Science Fiction Stories pada tahun 1986 halaman 135.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s