Dunia Maya
Comment 1

6 Blog tentang Blog

Blogging merupakan aktifitas yang cenderung dengan hobi bukan? Terserah lah mau bagaimana melakukannya. Tidak tidak. Blog tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana pengekspresian diri saja. Banyak sekali perusahaan (dan personal) di luar sana yang sangat mengantungkan hidupnya pada blog. Konten blog, ramai tidaknya blog, kerapian blog, dan ketersampaian pesan sangat krusial bagi mereka. Dengan demikian, mau tidak mau mereka harus mengetahui state-of-art tentang dunia perblogan ini. Hal ini bisa dilakukan dengan eksperimen, mencari mitra pakar, atau ya informasi gratis di Internet.

Berikut adalah beberapa blog yang fokus utamanya adalah tentang blogging. Daftar blog dan isi artikel ini sebagian besar disadur dengan sedikit perubahan dari artikel pada zemanta oleh Nenad Senic. Oh ya, Blog Kemaren Siang ini dalam dua minggu ini juga sedang bertopik seputar dengan tag blog yang membahas tentang dunia perbloggingan menurut saya dan ringkasan dari beberapa artikel luar. Tentu saja, topik ini hanya sementara saja dan saya tidak bermaksud untuk memfokuskan diri ke hanya tema tersebut. Saya juga kan masih belajar dalam hal ini dan hanya ingin berbagi beberapa pelajaran yang didapat dari tautan luar sana.


1. Zemanta Blog

Image representing Zemanta as depicted in Crun...

Image via CrunchBase

Zemanta adalah mesin yang menawarkan sugesti mengenai konten-konten terkait untuk para blogger. Fasilitas Zemanta juga dapat digunakan di WordPress sehingga mesin ini akan memberikan saran tautan dan gambar yang cocok untuk ditaruh pada artikel Anda ketika Anda menulis blog. Gambar di samping juga merupakan saran dari si Zemanta itu sendiri. Untuk menambahkan konten yang diusulkan Zemanta, kita hanya perlu satu klik saja. Fasilitas ini dapat diaktifkan melalui langkah pada artikel berikut.

Zemanta sendiri memiliki blog yang berisi tips-tips blogging dan marketing melalui blog. Sebagai produk yang memiliki kemampuan perkontenan blog merupakan kewajaran Zemanta memiliki blog tentang blog. Blog ini dapat diakses melalui tautan www.zemanta.com/blog. Banyak sekali tips yang berguna dan berita seputar blog yang dijelaskan dengan bahasa yang mudah dan singkat disini.

2. Problogger

ProBlogger adalah salah satu dari blog tentang blog yang paling sering dipertautkan (referensinya diacu dengan tautan). Penulisnya adalah Darren Rowse, warga Melbourne, Australia. Ia menulis tips-tips yang sangat berguna mengenai blogging dari yang paling mudah hingga yamg kompleks. Tulisannya lengkap dan mudah dibaca. Katanya, dia sudah ber-blogging selama 10 tahun. Dengan demikian, saran dia bisa dipercayalah.

3. Content Marketing Institute

Situs ini dimulai sebagai Junta 42 blog. Kini blog CMI lebih dari sekedar blog. Ia penuh dengan tips keindustrian mengenai bagaimana melakukan marketing konten dan menggairahkan bisnis Anda. Blog ini dimutakhirkan setiap dua kali sehari. Meskipun begitu, pos yang ditulis disini tidak mesti tentang blogging. Blog dianggap sebagai bagian integral dari marketing yang tidak dapat dipisahkan.

4. The Sales Lion

This is one of my favorite blogs. Blog ini memaparkan tulisannya dengan cukup menarik atau bahkan lucu. Lumayan sambil belajar sambil ketawa, bukan? Marcus Seridan membuat perusahaan kolam renang pada 2001. Dengan bloggnya, perusahaan ini berkembang menjadi satu dari perusahaan-perusahaan terbesar pada jenisnya. Sekarang kerjaannya hanya berbagi cerita tentang apa yang ia alami. Ceritanya sangat terang-terangan dan apa adanya.

5. Copyblogger 

Copyblogger didirikan pada Januri 2006 oleh  yang membuat tiga bisnis offline sukses sebelum beralih total ke model bisnis online. Majalah The Guardian menyebut blog tentang blognya “satu dari 50 blog terhebat di dunia”, dan itu hanya salah satu dari penghargaan yang ia terima selama 6 tahun berblog ria. Copyblogger diisi setiao hari dan ditulis dengan gaya yang cukup unik seperti Tujuh Kebiasaan Buruk Orang-orang Produktif Gila (The 7 Bad Habits of Insanely Productive People).

6. John Chow dot Com

John Chow, warga Kanada, adalah salah satu orang di balik  blog termasyur tentang blog: John Chow dot Com. Seperti blog-blog yang disebut sebelumnya, blog ini juga memberikan tips blogging yang cukup bermanfaat. Hanya saya, saat saya berlangganan email (subscription) pada blog ini, beberapa pos yang dikirimnya terlihat seperti spam (misalnya  menawarkan  kerja mudah dan cara cepat mendapatkan uang). Meskipun begitu, tidak diragukan lagi bahwa banyak juga artikel menarik disini.


Itulah beberapa blog yang sangat bermanfaat bagi kita para blogger. Silakan dikunjungi dan dinikmati tulisannya untuk mempercanggih penulisan blog masing-masing. Meskipun begitu mungkin bagi para blogger kasual – seperti saya – mungkin blog-blog di atas hanya sekedar sebagai tambahan wawasan saja, tidak untuk diaplikasikan secara serius. Akan tetapi,  para blogger dan pebisnis yang menggantungkan hidupnya pada blog marketing bisa jadi tidak dapat hidup tanpa blog-blog di atas.

Dan itu membuat saya berpikir, blog Sandang Indonesia kan sangat digantungkan sebagai sarana marketing e-commerce Sandang Indonesia, start-up yang sedang saya dan teman-teman coba bangun. Kemudian, saya ada di dalam tim teknisnya. Berarti saya harus menguasi ilmu-ilmu dari blog-blog di atas dong. Arrgghh… Nggak bisa jadi blogger kasual lagi nih cemnya. Hmm.. Okelah, semangat.

1 Komentar

  1. Ping-balik: Berbagi Tulisan WordPress ke Facebook dan Bugnya | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s