Kampus Ganesha
Tinggalkan sebuah Komentar

Ingin Membahas Tuntas tentang ITB

Kemarin saya menulis tentang 7 Lokasi Ajaib ITB. Tulisan tersebut ditulis dengan membandingkan antara mitos yang beredar dengan kenyataan. Frasa “7 Keajaiban ITB” sebenarnya sudah lama saya dengar semenjak masuk kuliah. Akan tetapi, saya tidak pernah menemukan artikel tentang ini di dunia maya jadi saya tulis saja deh.

ITB adalah salah satu perguruan tinggi yang bisa dibilang eksotik di negeri ini bersanding dengan pendahulunya UI, saudara kandungnya UGM, dan sahabat-sahabat lain. Dengan demikian, sebenarnya banyak sekali yang bisa ditulis dan dibahas dari ITB ini. Apalagi sekarang ITB menerapkan kebijakan invasi, banyak kampus-kampus baru dan program-program studi baru yang dibangun disini. ITB juga banyak bermitra dengan universitas lain dan bahkan membangun replikanya sendiri ITERA. Belum lagi kehidupan standarnya yang banyak sekali acara tiap bulan, keragaman mahasiswa, unit dan kegiatan, fakta-fakta dan fasilitas, serta sejarahnya.

Jangankan itu, bangunan disini pun banyak dan sepertinya bisa dibahas satu-satu. Bisa dilihat sendiri lah dari tulisan saya yang kemarin. Selain bangunan yang saya sebut di tulisan itu, masih ada Taman Ganesha, Menara Kubus, Aula Barat dan Aula Timur, CC Barat dan CC Timur, GKU Barat dan GKU Timur, BSCA (barat) dan BSCB (timur), GSG, Sabuga, dan Labtek-labtek lain. Semuanya unik dan punya gaya berbeda dai yang lain. Tidak sekedar kotak lah. Wow, apa itu banyak versi barat-timur, ya memang di kampus Ganesha banyak gedung kembar jadi mungkin kalau Anda kesini agak bingung juga mencari gedung. Hal ini bisa jadi bahasan sendiri bukan?

Saya sendiri sih sudah membuat rencana tulisan mengenai topik “kampus ITB” ini. Daftar judul yang kira-kira bisa dibahas sudah ada. Akan tetapi, menyiapkannya rasanya kok sulit dan butuh waktu lama. Sebenarnya topik ini disiapkan untuk tahun ajaran baru akhir bulan ini tetapi sepertinya tidak sempat. Hmm… Nggak papa lah nggak pas momennya.

Intinya: anak ITB tingkat akhir ya semestinya bisa memberikan gambaran tentang kampus ITB lebih jelas lah ya. Ngapain aja 4 tahun disini kalau nulis tentang ITB aja nggak bisa.😀 Sambil nunggu lulus (woy TA woy, kerja woy) tidak ada salahnya mengubek-ngubek kampus sendiri dulu lebih dalam. Supaya puas tidak ada penyesalan setelah lulus dan kangennya lebih kerasa nanti.

Inti lainnya: kalau Anda kehabisan ide untuk mengisi blog kenapa nggak membahas tuntas kampus atau sekolah Anda sekalian. Lumayan kan bisa jadi informasi bagi orang lain dan pamer sekolahan sendiri. Saya juga ingin melihat keunikan kampus dan sekolah di luar sana masing-masing.

Sebenarnya tulisan 7 Lokasi Ajaib ITB tersebut sudah lama saya tulis. Tulisan tersebut saya simpan untuk ditampilkan saat blog saya ini membahas topik “kampus ITB”. Perlu kamu ketahui bahwa sekarang topiknya adalah “blog”. Terus kok tulisan kemarin dikeluarin juga? Ada beberapa alasan.  Alasan 1: sudah kepalang tanggung nih anak baru udah pada datang. Alasan 2: di alur rencana (timeline) blog saya sepertinya masih jauh topik kampus ITB tercapai, di antaranya masih banyak topik lain. Alasan 3: standar, nggak punya tulisan lain jadi ya terpaksa deh.😀

Terus kok ada tulisan ini? Hehe, lihat alasan tiga di atas. Selain itu, tentu saja untuk meluruskan pentopikan blog ini sekali lagi dan memberikan semacam teaser ke pembaca setia blog ini (kalau memang ada).

Nggak takut didahului blogger ITB yang lain? Ah nggak. Saya percaya anak ITB nggak main plagiarism-an.

Didahului mas! Bukan diplagiat. Nggak masalah sih, sesama blogger kan niatnya saling berbagi tulisan. Walaupun yang dibahas sama kan bisa saja sudut pandangnya berbeda. Lagipula tujuan utama saya blogging kan mengasah tulisan. Hmm…

Namun, mungkin ya butuh waktu yang lebih lama lagi hingga topik “kampus ITB” itu akhirnya siap. Tulisan 7 Lokasi Ajaib ITB tadi saya perlu persiapan yang agak lama: cari bahan, foto sana-sini, dll., apalagi rangkaian tulisan. Terlebih lagi bahas tuntas. Ueghh.. Membayangkannya saja saya eneg (seberapa capeknya menulis semuanya). Akan tetapi ya, semoga pembaca bisa setia menunggu.

~Look forward to it~

NB. Sementara ini, jika Anda ingin mengetahui ITB lebih dalam, silakan kunjungi situs resmi www.itb.ac.id untuk informasi lengkap tentang ITB. Memang artikel disana terpencar, agak kurang tertata rapi, dan tidak semuanya menarik tetapi semua tentang ITB bisa Anda temukan disana. Hal ini (mencari informasi/ rumor tentang ITB di situs ITB) kadang sering terlewat/ terlupakan bahkan oleh mahasiswa ITB sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s