Lampung
Comments 2

Pantai Krui

Pantai Krui II  021

Krui berada di wilayah pantai kabupaten Lampung Barat. Jika kita bepergian melewati Jalur Lintas Barat Sumatera, khususnya dari Bandar Lampung ke Bengkulu melewati jalur Liwa – Mana, kita pasti melewati wilayah Krui ini. Salah satu ruas jalan yang dilewati memberikan pemandangan pantai yang sangat menarik. Ruas jalan ini sangat berdekatan dengan garis pantai. Jarak ruas jalan ke laut hanya sekitar 100 meter atau kurang. Bahkan konon, pada malam hari pasangnya air laut bisa menggenangi badan jalan. Memang ruas jalan ini bukan satu-satunya jalan di Krui, tetapi sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda kebetulan melintasi Krui pada siang hari.

Saya dan keluarga pasti melewati pantai Krui ini setiap kami berkunjung ke rumah nenek di Bengkulu. Pantai Krui ini kami jadikan tempat singgah makan siang baik pada perjalanan pergi maupun perjalan pulang. Sekali bersinggah kami bisa menghabiskan waktu satu sampai dua jam disini.

Pantai ini cocok sekali dijadikan tempat santai. Disamping pemandangannya yang indah, posisi kota Krui berada di tengah perjalanan antara kota Bandar Lampung ke kota Bengkulu. Jika Anda berangkat dari Bandar Lampung pada pagi hari buta, Anda bisa menikmati makan siang Anda di sini sekitar pukul 11-13.

Mungkin karena masih jarang dijamah dan karena wilayah pantai Krui ini berada di kawasan Bukit Barisan Selatan yang masih jarang penduduk dan cukup jauh dari kota besar seperti Bandar Lampung, pemandangan pantai di sini masih sangat asri. Hampir persis dengan pantai-pantai yang ada di luar negeri itu loh. Airnya jernih. Pasirnya masih bebas dari sampah. Pohon kelapa ada dimana-mana. Bahkan ada pulau kecil di seberang pantai. Akan tetapi, ombak di pantai Krui ini sangatlah besar bisa mencapai 5 meter. Maklum pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Berenang di pantai ini bukanlah ide yang bagus. Bermain-main sambil memanjakan mata? Selancar? Bolehlah.

Potensi wisata wilayah Krui ini sangatlah besar. Wisata pantai khususnya. Akan tetapi sayangnya pemerintah belum tergerak untuk mengembangkan wilayah Krui ini. Menurut situs pemerintah lampung ini,  Krui sekarang masih dalam persiapan pembentukan kabupaten baru: Kabupaten Pesisir. Mungkin saat tingkat administratif Krui meningkat, potensi wisata Krui bisa dikembangkan. Semoga saja wisatanya bisa berkembang dengan baik tanpa harus merusak ekosistem pantai seperti yang kita lihat di banyak pantai lain di Indonesia.

Berikut foto pantai Krui yang saya ambil bersama keluarga pada perjalanan tahun 2007.

Foto selengkapnya dapat dilihat pada album google plus saya.

2 Comments

  1. Ping-balik: Bagaimana Saya Sekarang Mengisi Blog Ini | Blog Kemaren Siang

  2. Ping-balik: Travel theme: Summer ~ Monas | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s