Haduh-haduh
Comments 4

Dua Mata Pedang Sang Kunci Cakram

Anda tahu cakram? Anda tahu rem cakram? Tahu kunci cakram apa? Cakram berate piringan. Rem cakram adalah rem menggunakan piringan yang biasanya ada di ban depan motor. Kunci cakram adalah kunci yang didesain untuk membatasi gerak ban depan memanfaatkan lubang pada cakram rem. Pengetahuan yang sangat umum bukan?

Kunci cakram sangatlah berguna khususnya bagi Anda yang sering bepergian dengan motor atau ngalor kidul di kampus sampai larut. Kunci ini banyak berjasa bagi pengendara motor yang fobia terhadap pencurian yang marak terjadi di negeri ini. Cukup dengan kunci cakram, ban depan anda tidak akan bisa berputar 360 derajat dan motor Anda akan ada ditempat. Tentu saja jika pencurinya tidak nekat mengangkat ban depan saat beraksi.

Kunci cakram banyak variasinya. Harganya mulai dari Rp 15.000,00 sampai Rp 60.000,00. Yang membedakan tiap harga sepertinya bobotnya. Yang mempengaruhi massa sang kunci tentu saja bahan. Dan tiap bahan mempunyai tingkat mohs atau kekerasan dan ketahanan yang berbeda. Kunci yang paling murah sepertinya bisa rusak dengan kegigihan belaka.

Cara menggunakan kunci cakram dapat dilihat pada gambar berikut.

Carkam

Kunci di atas memiliki harga Rp 45.000,00 dan beratnya lumayan lah. Cukup keras dan membantu mengamankan motor. Tapi bagaimana jika dia mengamankan motor Anda dari Anda sendiri. Coba pikirkan, bayangkan (pada gambar di atas) lubang kunci tidak menghadap ke pembaca tetapi membelakangi pembaca. Pelek putih yang ada di background akan berhadapan dengan muka dari lubang kunci cakram ini. Hal ini akan melindungi sang motor bahkan dari Anda pemilik kunci tersebut. Hal ini terjadi sekali pada sata hari Kamis 21 Mei 2009 kemaren. Dengan sedih dan menyesali kebodohan, sedikit panik dan marah, akhirnya saya memanggil montir untuk membongkar ban itu sampai cakramnya lepas dari pelek. Untunglah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Menyesalnya saya tidak dapat menghadirkan foto saat kunci itu berkhianat dan dibongkar.

Pelajaran bagi kita semua, bahwa semua benda di sekitar kita seberapa pun besar fungsinya pasti memiliki mata ganda yang dapat memberi kita manfaat atau menghancurkan kita.

4 Comments

  1. Ping-balik: Jadi Korban Salah Kunci Cakram | Blog Kemaren Siang

  2. T_T pernah terjadi juga sama ane… jauh pula dari bengkel jadi muter2 kemana2…. akhirnya sama gan sampe nyopot ban ama cakramnya….. mending pake gemboks aja…

  3. Hati-hati juga dengan efek korosi akibat air yang sering jatuh dari langit. Apalagi di kota kembang.

    Bahkan kunci pengaman sepedaku pernah terpaksa dihancurkan dengan paksa akibat bagian dalamnya terkorosi sehingga melumpuhkan sistem mekanisnya. Untung juga tidak ada korban jiwa, hanya sebuah kunci pengaman yang hancur mengenaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s