Cerita Jepang
Comment 1

Selebaran dari Pak Polisi Bandara Chubu

Awal tahun kemaren saya iseng lewat Chubu Centrair International Airport, kebetulan aja dari jalan-jalan ke Indonesia/Singapur, nggak ada salahnya mampir ini bandara. Baru keluar dari terminal kedatangan, seseorang berjas rapi mendatangi saya dan menyapa dengan sopan.

Mas-mas, orang mana mas? Anu, saya ini polisi nih… Boleh ngobrol sebentar nggak…

Kira-kira begitulah kalau di Indonesiakan ya…

Polisi ternyata. Tapi berpakaian p̶r̶e̶m̶a̶n̶ jas.

Beliau memperkenalkan diri, kemudian menanyakan asal saya dari mana, ada urusan apa di Jepang. Sambil obrolan mengalir minta saya menujukkan kartu identitas, kalau boleh, katanya. Nama perusahaan saya kerja. Pergi ke masjid atau nggak. Dan lain-lain.

Eh, kerja toh? Dulu lulus dari Toyohashi… Hm hm. Tinggal di Nakaku? Wah tahu itu dong, Mabes Polisi Nagoya yg di Nakaku. Pasti sering ke supermarket Yamanaka yak??

Polisinya ramah dan asyik. Saya tidak merasa risih atau terancam. Cuma capai aja setelah perjalanan lebih dari 36 jam. Yang saya rasakan obrolannya yaa kayak kita, orang Indonesia, kalau ketemu dan menyapa orang tak dikenal di jalan. Bedanya, orang tak dikenal ini kepo banget dan sambil mencatat apa yang diobrolkan.

Di akhir obrolan, Pak Polisi memberikan selebaran seperti berikut.

poster-polisi-chubu-1

Pak Polisinya bertanya,

Ini udah pernah belum dapat beginian??

Saya jawab sih belum. Nggak inget juga kayak udah kayak belum.

Sesaat sebelum sampai di Jepang, saya mendapat kabar buruk dari kolega di Jepang, bahwa ada orang Indonesia yg tertangkap melakukan tindakan kriminal. Merampok dan memukuli obaa-chan atau gimana. Saya kurang paham. Yang jelas, berita sedih ini sangat menyakiti komunitas Indonesia dan muslim di Jepang.

Jadi dalam hati saya mikir, apa pak polisi ini nongkrong dan mengintai orang-orang bermuka melayu yang baru keluar dari terminal kedatangan yak. Dengan kata lain, profiling… Tapi senggaknya mereka ramah dan sopan. Tujuannya juga buat ngasih pengumuman/ peringatan gitu-gitu. Nggak apa lah ya.

Selebarannya bolak-balik. Belakangnya seperti ini.

poster-polisi-chubu-2

Itu di paragraf terakhir.

Bila permukaan air tiba-tiba naik drastis, segera mengungsi ke dataran yang tinggi.

Okayyy…

Begitulah. Mungkin selebaran di atas bisa menjadi acuan untuk hidup di Jepang, bagi yang belum cukup beruntung untuk diobroli oleh Pak Pol di bandara.

Hati-hati di Jepang dan tetap erat ke komunitas-komunitas terdekat…

Iklan

1 Komentar

  1. Mungkin bener juga tuh Pak Pol nya sebenernya lagi profiling muka-muka melayu di airport heheu. Btw, saya suka tulisan tulisan ttg Jepangnya. Minta izin kepo kepo yak ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s