Motivasi Hikmah dan Galau
Comments 10

Balada Lagu-lagu di Pesta Pernikahan

Tidak jarang kita temukan adanya organ tunggal pada pesta-pesta pernikahan. Tentu, saya tidak ingin membicarakan pro-kontra memakai organ tunggal dalam pernikahan yang islami. Walaupun pengantinnya males pake itu, biasanya orang tua atau keluarga besar tuh yang maksa. Oke cukup sampai sini bahasan ini.

Yang saya ingin bicarakan adalah lagu-lagu yang sering dinyanyikan orang di organ tunggal tersebut. Baik oleh biduan (eh biduan itu terbatas untuk penyanyi wanita saja bidu wanita : biduwan atau pria juga biduwan – biduwati?) maupun pengunjung.

Kenapa?

Coba perhatikan. Itukan sedang acara pesta pernikahan. Berarti ada yang baru menikah dong ya. Organ tunggal kan pengiring pesta tersebut. Hiburan. Berarti harusnya lagu dari biduwan dan juga dari pengunjung ke itu ditujukan untuk yang menikah, bukan? Mereka kan naik panggung bukan untuk karaoke pribadi tapi untuk membahagiakan pengantin. Sampai disini nyambung dengan maksud saya?

Nah, kalau begitu, kok lagu yg dinyanyikan pada organ tunggal itu lebih banyak yang ke arah kontra pernikahan? Atau yang contoh pernikahan yang tidak bagus… Atau cinta-cintaan bodoh.

Misalnya, pada saat walimah ada yang nyanyi (serius ini, saya temukan beneran):

Bang thoyib… Bang thoyib… Kenapa nggak pulang-pulang…
Anakmu, anakmu… Panggil-panggil namamu…
Tiga kali puasa, tiga kali lebaran
Abang nggak pulang pulang [dst, saya lupa liriknya]

Kan aneh! Orang ini baru aja nikahan, malah disuguhi kasus-kasus pernikahan yang gagal.

Misalnya lagi Republik – Sandiwara Cinta, T2 – Tak Jodoh, Iwan Fals – Yang Terlupakan.  Kan nggak cocok! Atau lebih parah lagi nyanyi lagunya Sinta Jojo – Hamil Tiga Bulan. Maksudnya apa coba…

[belum ada sih pengunjung yg sampe segoblok itu, setidaknya selama pengalaman saya jadi hadirin pesta nikah, masih sebagai hadirin loh ya… ^^] [DISCLAIMER: saya tidak tahu eksistensi lagu-lagu di atas sampai saya googling nyari contoh lagu-lagu yg nggak cocok di tampilin di walimah, to the extreme]

Atau nyanyi Melinda – Cinta Satu Malam. (dafuq -.- ….) 

Ya sebaiknya kalau mau ngisi di pesta walimah ya mbok pilih tembang yang bertemakan cinta terbangun, cinta suci, atau pernikahan lah. Kalau bisa ya nyanyi yang agak religi dan ada muatan doanya. Kalau nggak bisa ya yang tentang persahabatan aja. Jangan sampe pisah walau sudah nikah. Atau apa kek, asal jangan ke arah putus cinta,  perpisahan, cinta buta, pacaran, atau kekasih gelap. Masak mau ngisi lagu nikah nyanyinya Sheila on 7 – Sephia.

Hey Shofi·ya Sephia. Malam ini ku takkan datang.
Mencoba ‘tuk berpaling sayang. Dari cintamu.

Hadapilah ini. Cinta kita takkan abadi…
Selamat tinggal kekasih gelapku, oh Fathiya Sephia.

Apalagi yang nyanyi pengantin prianya. Kan lucu. Bener sih lucu, tapi beres walimah digebukin tuh. Don’t try this at home. Don’t try this at your friends home either.

Saya nggak tahu banyak lagu Indonesia sih, jadi nggak bisa banyak kasih contoh yg buruk dan baik untuk walimah dalam hal ini. Saya juga lupa mencatat lagu-lagu aneh yang saya dengar di pesta-pesta nikah yg saya hadiri lalu. Pokoknya saya menyarankan lihat dulu konten liriknya lah. Cari lagu yang bagus lah, membakar bara cinta si dua pengantin. Misal:

Tak akan ada cinta yang lain
Pastikan cintaku hanya untukmu
Pernahkah terbersit olehmu
Akupun takut kehilangan dirimu

atau

Dengarkanlah wanita pujaanku
Malam ini akan kusampaikan
Hasrat suci kepadamu dewiku
Dengarkanlah kesungguhan ini
Aku ingin, mempersuntingmu
Tuk yang pertama dan terakhir

atau

Citcicuitcitcit-citciciruitcitcit…
Lalalala lala lala la lala la lala 2x lalalalalaaaaa….
Kupinang engkau dengan Alquran
Kokoh dan suci ikatan cinta
Kutambatkan penuh marhamah
Arungi bersama samudra dunia

Atau apa kek, elo kan yang mau nyanyi. Pasti elo lebih tahu lah.

Atau unjuk diri kek, gantiin mamangnya main organ di depan. Atau ke walimah bawa biola gitu. Bawa grand piano gitu, mainin Yiruma. Lebih elegan lah.

Kalau saya (waktu itu sempat berkelakar dengan teman-teman sekosan) mau nyanyi lagu Jepang. Lagu openingnya Ultraman Tiga aja lah. Brave Love. Pada tahu kan ya… Kalau nggak tahu cek video di bawah…

[opening musik seru] dung dung, tetotet tetotet tetotetototot
dung dung, tetotet tetotet tetotetototot
dung dung, teroreroreet tetotet tetotetototototot, tutotetototototorerorerotot!

[pasang muka serius] Tiga!
Empat lima… Enam… Tujuh Lapan!!!
Tiga! Empat lima…
Tujuh lapan sembilan…

[jk]

Catatan Penulis: Tadinya saya ingin menggunakan kata semarak. Saya menggunakan kata balada karena saya suka sambal dan makanan pedas saya sudah bosan dengan kata semarak. Beberapa artikel saya sudah memakai kata itu [1][2]. Lagipula kata balada kan dekat dengan masakan padang dunia musik dan lagu yang menjadi tema artikel kali ini.


Terakhir, saya ingin mengutip terjemahan dari lirik lagu REASON yg dinyanyikan oleh Yuzu. Lirik lagu tentang persahabatan dan mimpi masa depan. Kemaren mau pos terjemahannya tapi nggak sempet bikin. Hmm…

向かい風と知っていながら
それでも進む理由がある
だから友よ
老いてく為だけに生きるのは
まだ早いだろう

Deru angin menghadang, aku tahu itu
Namun ku tetap maju, kupunya alasan
Maka sahabatku, terlalu remeh kita hidup
Hanya untuk tua, kan

居るよ そばに 一番近く
今はただそれだけでいいから
いつかきっとたどり着く
僕らの未来へ動き出す
今確かに
そう僕らのやり方で

Ku disini, sedekat mungkin di sampingmu
Itu saja sudah cukup bagiku
Suatu hari kita pasti dapat meraihnya
Bergerak, menuju masa depan
Sekarang pasti
Ya! Dengan jalan hidup kita

Dan lagu We’re The Stars dari AIMI.

We’re the stars
ひとりひとつの星を抱き
僕らは歩いてる
手と手つないだら 星座になるね
照らそう 未来の果てまでも I believe
We’re the stars
We each bear a star of our own
So as we’re walking
If we hold hands we’ll become a constellation
Let it shine, until the ends of the future I believe
We’re the stars
君の心にひとつぶの
希望がともったら
そっとつなげよう 星座みたいに
僕らは友達 永遠に I believe
We’re the stars
In your heart is a single grain
Of hope so if you hold it tight
Let’s join together like a constellation
We’ll be friends for eternity, I believe
Sentimental yak. Mungkin karena ada yg mau nikah besok. Hmm…

10 Comments

  1. biasanya ‘kualitas’ Lagu kondangan tergantung HARGA🙂
    dalam artian sebenarnya Loh…

    bukan tentang penyanyi atau kelengkapan band,..tapi pilihan Lagu nya.
    ada uang = ada …..

  2. ada lagu buar pesta pernikahan yang isa d donload G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ gan?
    †ђąηk ўσυ

  3. defo alfitra says

    maaf mas bro kira kira ini blog buat lagu pernikahan apa stand up comedy?
    gak ada recom lagu nya yg ada lagu ultraman hahahah
    cukup terhibur sama blog ini bukan org nya yah hahaha

    • Sori bro, agak nggak ngerti sama komennya. Tapi saya menangkapnya sih pujian. Terima kasih sudah membaca dan sudah merasa terhibur, hehe… ^^

  4. waktu itu malah parah banget ada tamu yang nyanyi lagu ya “10 tahun sudah kita berumah tangga, tetapi belum juga mendapatkan putra…” naudzubillah. –“

  5. Sandy S says

    Sheila on 7 – Sephia. Ini buat sabtu depan yak? Oops.

    Itu yang Ultraman Tiga masuk banget liriknya, ini ngetik sambil ketawa-ketawa. Kalo besok kamu nyanyi ini aku temenin :))

  6. berarti dangdut-dangdut macem “satu jam”-nya zaskia, “pacar lima langkah” ga boleh dong?
    nanti nyanyi lagunya bang rhoma irama aja bed.

    • hmm nggak kenal saya lagunya. Kalau nggak sesuai konteks atau malah berlawanan dengan konteks nikah, ya lucu lah.

      Iya, lagu bang rhoma kayaknya lebih mantab.

      • makanya bed, karena lucu, harus dinyanyiin, biar rame. bener ya bed, ntar situ nyanyi lagunya rhoma irama. saya tunggu penampilan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s