Haduh-haduh
Comment 1

Laptop Bluescreen 5x Sehari, Hiks

Laptop yang saya cintai ini sudah berumur sekitar 4 tahun lebih sedikit. Saya membelinya pada saat INKM 2008 dahulu. Bolos pada hari Sabtu-Minggunya, hehe. Beli di BEC, harganya 6 jutaan.  Harga ini (di waktu itu) termasuk tergolong murah dengan spek laptop yg lumayan. Efeknya laptop ACER 4530 ini jadi laptop pasaran. Di prodi saya sendiri saja mungkin minimal ada 6 orang yang berhasil saya identifikasi memiliki laptop yang sama.

Kini, 4 tahun kemudian laptop ini sudah “berperilaku” selayaknya laptop tua: sudah agak lambat. Kok tahu? Yang paling terasa adalah saat memutar file-file video seperti film atau anime. Entah laptopnya melemah atau codec sekarang makin canggih dan makin butuh proses tingkat tinggi.

Saya kurang hobi bermain game jadi kurang bisa merasakan di ranah itu. Namun, di ranah multimedia perubahan kinerja laptop sangat terasa. Misalnya, file video BluRay 1080p 120 menit ukuran 12 GB dahulu dapat diputar dengan lancar (waktu itu belum memakai teknologi DXVA loh ya). Sekarang, file tersebut nyaris tidak bisa ditonton saking lambatnya. Entah apa penyebabnya, prosesor melemah kah? File multimedia ukuran kecil 720p pun tidak nyaman ditonton karena ngelag. Hanya file yang mendukung teknologi DXVA saja (komputasi prosesor dibantu oleh kartu grafis) yang bisa saya tonton. Hal ini mendorong saya untuk membenci fansub-fansub yg tidak mengeluarkan produk ber-DXVA.

Akhir-akhir ini, yang paling saya sesalkan dengan sahabat saya, ACER 4530, ini adalah makin seringnya dia memunculkan BOD: Bluescreen of Death. Biasanya bluescreen saya dapatkan mungkin satu bulan atau lebih sekali. ACER 4530 memang terkenal agak aneh dalam setting AHCI atau apapun itu. Yah, asal setting DOSnya dibalik ke IDE lagi, hal ini tidak menimbulkan masalah apapun yg signifikan sih. Peran bluescreen pun meningkat pada saat laptop saya rusak baterainya. Entah mengapa – pada saat laptop dicabut dari sumber listrik AC (jadi mengandalkan baterai), laptop pun ngambek dengan memberikan BOD. Frontal!

Laptopku

Sebenarnya pengen moto saat Bluescreen, tapi cepet banget munculnya. Gak sempat hidup kamera HP saya.

Sekarang makin parah lagi. Bluescreen hampir saya alami 5x sehari, setiap hari. Atau lebih. Ciyus ini… Gejala yg menyertai ialah banyak program yg tiba-tiba hang atau eror. Tab browser yg sering tiba-tiba “Aw Snap!”. Kemudian, kadang Desktop Windows Manager atau bahkan explorer yg restart sendiri. Yg paling kesal sih, bluescreen. Lagi ngoding, bluescreen, tiba-tiba laptopnya restart, memanas dan mati sendiri. Lagi browsing bluescreen. Lagi bimbingan bluescreen. Hiks banget. Dari gelaja yg menyertai selain efek ultimate bluescreen tadi, saya curiga kalau penyebab penyakit ini adalah ada kerusakan di salah satu kartu memori laptop saya. Mungkin salah satu dari dua memori yg dipasang sudah tua, jadi sudah bad sector atau seperti itulah. Perlu diperiksakan ke dokter dengan keluhan memori sepertinya.

Meskipun begitu, tidak seperti yg banyak dimitoskan, laptop ACER awet tuh. Entah kabar burung darimana kalau ACER tidak bagus, cepat rusak, bla-bla. Buktinya sampai 4 tahun sekarang masih fungsional dipakai. Segalanya masih lumayan dapat diandalkan. Laptop teman saya yg sama-sama ACER 4530 juga masih bertahan hingga sekarang. Yah, mungkin memang performansi menurun karena usia. Namun, selain itu – dan penyakit memori-bluescreen saya belakangan ini tadi, tidak ada masalah apa pun tuh.

Terlepas dari itu semua, umur 4 tahun adalah umur yg (sangat) tua bagi barang elektronik. Sudah rekor lah. Walaupun rajin bluescreen agak males juga ke dokter (Mas Budi Plesiran??) nih, agak pesimis. Memang saya bukan some freaky guy yang setiap tahun beli laptop baru sih, tidak ada dana. Tapi mulai berpikir ke arah sana kalau begini jadinya nih, walaupun tidak ada dana. Hiks… Argh.. Dilema…

Ngomong-ngomong, berapa umur laptopmu sekarang?

1 Komentar

  1. Donovan says

    waduh laptop ente 4 tahun masih tergolong hebat loh gan🙂
    punya ane juga ACER 4750z baru 2 tahun aja udah ngambek persis kayak masalahnya si agan😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s