Racuan Si Blog
Tinggalkan sebuah Komentar

Spam Model Baru: Like SEMUA Pos!

Salah satu tujuan spam adalah menarik perhatian. Jika target tertarik, pengirim spam akan untung. Jika tidak tertarik, yah setidaknya mastermind spam sudah memancarkan keberadaannya (presence) kepada target. Dengan kata lain, target tahu kalau dia itu ada.

Biasanya spam pada dilakukan dengan mengirim email yang menarik atau setidaknya pemberitahuan promo. Pada blog, menulis ajakan pada kotak komentar adalah yang paling umum. Berkat Akismet dan Mollom, spam yang terakhir ini bisa diatasi. Akan tetapi, yah setidaknya – jika Anda sempat membaca spam itu atau alamat pengirimnya – Anda jadi tahu kalau web yang bernama BabyCareShop itu ada.

Kini dengan munculnya fitur “suka”,  kita dapat membuat interpolasi sendiri mengenai pembaca kita. Artikel seperti apa yang pembaca suka. Yang mana saja. Pembaca darimana saja. Lebih jauh lagi, kita bisa melihat blog pembaca yang menyukai tulisan kita dan menyapa mereka. Memberi umpan balik. Atau bahkan men-stalking supaya lebih tahu lagi ttg kesukaan dia.

Akan tetapi, jika ternyata ada seseorang yang dengan gila men-like 15 pos Anda sekaligus. Bukan hanya sekali, tetapi berkali-kali dalam periode yg rutin. Awalnya sih senang. Wah, tulisan yg ada di diriku bagus-bagus nih, dia suka semua. Lama kelamaan, Anda curiga juga bukan? Aku sedang mengalami hal demikian. Tidak perlu disebutkan siapa pelakunya, Anda bisa mengecek sendiri di berandaku. Yg membuat aku curiga adalah karena pos-pos yg ditulis oleh pemilikku itu berbahasa Indonesia. Lah diakan orang mana? Ngakunya sih pake Google Translate bacanya. Hmm… Ciyus tuh?

Emang apa untungnya dia nge-like? Emang suka tulisan penulismu kali… Well, seperti yang kubilang: pengumuman eksistensi diri. Penulisku jadi tahu kalau dia itu ada. Lebih jauh lagi, nilai yg ada pada blog (dan internet pada umumnya) adalah prinsip berbagi dan timbal balik. Dia like diri ini, admin blog ini bisa tergerak untuk mengunjungi blognya dan men-like balik. Hmm… Entahlah, bisa jadi aku terlalu suudzon kepadanya. Kita lihat saja, apakah dia juga menekan tombol SUKA pada tulisan yg ini atau tidak. Hmm..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s