Wisata Jepang
Tinggalkan sebuah Komentar

Liburan Tahun Baru 2015: Hokuriku~Chugoku

The Big Plan

Melanjutkan seri Semangat Jiwa Muda, Seishun 18 Kippu ~ Liburan Musim Dingin 2013: Kansai, selama beberapa tulisan ke depan saya akan mendokumentasikan perjalanan saya dan teman ke Hokuriku dan Chugoku pada liburan musim dingin 2014 alias liburan tahun baru 2015 silam.

Seperti biasa, perjalanan menggunakan kereta. Dengan tiket seishun 18 kippu. Tiket murah JR seharga 11.850 yen yang bisa dipakai 5 hari berturut-turut. Kemana saja. Asal JR dan kereta lokal.

Memaksimalkan penggunaan tiket, rencana liburan kali ini adalah pengennya 5 hari. Tapi kemana? Liburan kemaren sudah ke Kansai area. Hampir seluruh kota di Kansai dijelajahi satu-satu: Kobe, Kyoto, Osaka, Nara. Belum semua situs sih emang, tapi ya males lah ya kesana lagi. Walaupun seru parah.

Berikut rencanaya. Karena selatan sudah, bagaimana kalau pergi ke Utara. Kanto, Tohoku, gitu. Namun, musim dingin euy. Dingin. Masa menantang ke daerah yg lebih dingin lagi?

Akhirnya, kami putuskan untuk pergi ke arah barat. Sisi barat pantai Jepang. Itu loh, kota-kota yang menghadap ke Korea. Kayaknya seru juga…

Here is the plan. The very ambitious plan.

Hari Pertama

Sasaran hari pertama adalah kota Kanazawa. Sayangnya dari Toyohashi agak jauh, jadi mampir ke kota Matsumoto dulu dua tiga jam. Barulah melanjutkan perjalanan super panjang ke Kanazawa. Sampai malam langsung tidur menginap disana.

Hari Kedua

Secara teknis, hari kedua main di Kanazawa. Seharian sampai sore. Sehari muterin satu kota kayaknya agak kurang puas emang, tapi the show must go on.

Setelah sore pada jam yang ditentukan, harus langsung cabut ke arah Kyoto. Menyarah daerah Kyoto utara, pantai superb bernama Amanohashidate. Berjalan di atas sandbar alias beting alias gosong. Seru keknya.

Tapi karena berangkat dari Kanazawa sore, dan di Amanohashidate penginapan mahal, harus cari kota murah di antara keduanya. Ditentukanlah kota Tsuruga.

Hari Ketiga

Main sepuasnya di Amanohashidate. Dan seperti biasa, sore langsung cabut ke kota selanjutnya. Sasaran selanjutnya nun jauh disana. Dari Kyoto langsung ke Tottori. Sampai mungkin tengah malam.

Hari Keempat

Main pasir sepuasnya di Tottori. Menikmati pemandangan gurun di tepi pantai!

Besoknya baru jalan ke Hiroshima.

Wait. Ternyata nggak sempat lima hari. Akhirnya memutuskan untuk seminggu perjalanan dan menggunakan satu setengah tiket 18 kippu.

Hari Kelima

Perjalanan menuju Hiroshima. Menurut Hyperdia super panjang. Pagi sampai sore. Harus didedikasikan satu hari nih buat perjalanan doang.

Hari Keenam

Puas-puasin di Hiroshima. Karena rencana dua hari di Hiroshima kayaknya ada baiknya kalau main ke area sekitarnya. Sepertinya di Pulau Miya bagus. Pulaunya banget, lokasi di selatan Hiroshima tak jauh.

Dari atas bukit di Miyajima.JPG

Majestik!

Hari Ketujuh

Main lagi di Hiroshima kota sampai siang. Kan belum alokasi waktu buat liat bom nuklir atau kastil atau apa gitu. Sorenya pulang. Langsung Hiroshima-Toyohashi. Perjalanan yang sangat panjang, tengah malam baru sampai.


Rencana yang sangat ambisius.

Truth be told, fase perencanaan tersebut final saat menginap di Kanazawa. Awal-awal belum jelas mau pergi kemana lewat rute apa menginap dimana. Haha…

Beruntung juga dapat hotel yang nggak begitu mahal selama perjalanan. Padahal pemesanan mepet satu dua hari sebelumnya.

Eksekusi? Lancar. Liat aja foto-fotonya tuh. Ya mungkin cuma beberapa kali aja jam keberangkatan yang sudah ditentukan molor ke jam selanjutnya. Karena nyasar, atau males beranjak dari satu kota atau males pulang. Haha…

The Big Plan.PNG

Rencana perjalanan baru final saat sudah hampir sampai di poin 3

Artikel ini hanya membahas rencana perjalanan kami. Seri yang membahas detil eksekusi perjalanan ambisius ini akan dibagi menjadi beberapa artikel. Berbeda dengan Tribun, masing-masing halaman tulisan akan memiliki fokus dan topik berbeda. Umumnya satu situs wisata yang kami kunjungi.

Secara berurut, perjalanan yang kami lakukan dan artikel yang membahas detailnya adalah sebagai berikut. Perjalanan ini dilaksanakan dari tanggal 28 Desember 2014 sampai 4 Januari 2015.

  1. Matsumoto Castle
  2. Kanazawa: Kastil Bersalju, Taman Kenroku, Museum Aneh, dan Stasiun Modern
  3. Gosong Amanohashidate dan Pagoda Salju
  4. Wisata di dalam Kereta Akamatsu, Kyoto Tango Railway
  5. Tottori Sand Dune, Gurun di Pinggir Laut
  6. Tottori Sand Dune Museum ala Rusia
  7. JR Imbi Line, Perjalanan Es dari Tottori ke Hiroshima
  8. Hiroshima Shukkeien Park
  9. The Majestic View in Miyajima Island
  10. Kota Hiroshima, Kastil, dan Taman Perdamaian
  11. Museum Tragedi, Hiroshima Atomic Museum

Dan berikut adalah daftar foto ritual kami selama perjalanan. Berfoto di bawah tulisan nama stasiun si kota. Note, cuma foto saya yang saya tampilkan. Kan blog saya… ^^

P.S. Karena sudah satu tahun lalu lebih, detail perjalanan dan tempat wisatanya sudah agak lupa. Jadi mungkin artikelnya akan pendek-pendek dan lebih banyak gambar. Selamat membaca…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s