Diskusi dan Ide
Tinggalkan sebuah Komentar

40+ Merek yang Menjadi Kata Sebutan Produknya Sehari-hari: Daftar Lengkap

Suatu hari saya ingin mendaftar seluruh kata-kata merek yang sudah menjadi bahasa sehari-hari. Merujuk ke produk tertentu tetapi menggunakan merek, walaupun yang dibilang bukan merek tersebut. Kata-kata ini begitu umumnya sampai-sampai kita tidak tahu atau setidaknya harus mikir dulu isitilah aslinya. Misalnya odol, sangat biasa kita merujuk dan dahulu sebenarnya adalah sebuah merek terkenal di Indonesia.

Saya heran kenapa mereka (yang punya merek yg sama di atas) nggak jualan lagi di Indonesia aja ya.

Daftar yang tertulis disini sudah lama saya kumpulkan dari tahun lalu (2012), lupa terus mau dipos, niatnya mau melengkapi. Namun, setelah dipikir ulang, bagaimana menentukan lengkap atau tidaknya daftar ini? Jadi walaupun tagline artikel ini adalah “daftar lengkap”, jika ada yang kurang silakan jangan segan-segan untuk menegur dan menambahi. Pastinya beberapa juga sudah kadaluarsa dan banyak tren baru yang belum terekam oleh penulis (karena penulis kurang gaul atau tidak ada di Indonesia lagi).

Berikut adalah daftar lengkap merek yang sudah menjadi bahasa sehari-hari.


Makanan

Kategori ini sepertinya yang paling banyak dan umum. Metonimia paling terkenal tentunya Aqua yang merucuk ke air mineral kemasan. Berikut metonimia dalam kategori makanan yang berhasil saya ingat.

  • Aqua => air mineral kemasan
    Suatu hari saya ingin membeli Aqua di warung dan malah dikasih Ron-88.
  • Ajinomoto => micin atau vetsin
    Sebagai produk yang memperkenalkan rasa kelima “umami” di dunia sains, ajinomoto sepertinya merek yang dipakai diseluruh dunia untuk menyebut MSG.
  • Astor => wafer stick?
    Sudah jarang ada ya astor yang merek Astor?
  • Blueband => mentega
    Saya belum pernah melihat orang beli mentega non-blueband di Indonesia.
  • Chiki => snack
    Waktu SD sering banget makan ini. Well, waktu SD semua snack namanya Chiki.
  • Indomie/ Supermie => mie instant
    Sarimi yang juga Produksi Indofood tidak pernah mendapat penghargaan sebesar dua kakaknya. Sarimi, Salam Mie, Mi ABC, Gaga Mie, Mie Sedap apalagi.
  • Popmie => mie instant di gelas
    Merupakan submerek dari Indomie milik Infofood. Nama generiknya? Cupmen? Mie instant bergelas? Duh bedanya sama yang di bawah apa? Yang ini “mie instant bergelas”, yang bawah “mie instant di gelas”? -.-
  • Migelas => mie yang diseduh di gelas???
    You don’t say… Habisnya bikin merek kok segenerik itu, nggak dilarang sama Komisi Banding Merek yak…  Btw, ada yang tahu Migelas ini produknya siapa?
  • Milo => minuman rasa coklat
    Rasanya sulit minum milo yang bukan merek Milo. What is it in the first place then? Jadi mungkin agak kurang tepat masuk di daftar ini ya?
  • Royco => penyedap rasa
    Nuff said. Sebenarnya banyak penyedap rasa merek lain sih, tapi somehow semuanya bisa disebut sebagai Royco.

Makanan Bermerek

Seperti halnya Milo, beberapa merek mungkin bisa masuk kesini atau bisa juga tidak. Misalnya Marjan, kayaknya agak jarang orang menyebut sirup lain sebagai marjan, jadi tidak dimasukkan dalam daftar.


Elektronik

Barang elektronik juga kerap menjadi objek metonimia. Mungkin karena kebanyakan istilah elektronik itu istilah asing dan susah diucap, merek yang paling utama lah yang menjadi patokan “nama” barang tersebut.

  • Handycam
    adalah sebuah merek camcorder alias kamera perekam dari Sony.
  • Infocus
    adalah sebuah merek proyektor LCD.
  • Magic Jar – Magic Com 
    keduanya adalah merek penanak nasi alias rice cooker dari Magic Com Co.Ltd., sekarang bernama Yongma. Ada banyak artikel blog di Internet yang menjelaskan bahwa perbedaan rice cooker, magicjar, dan magiccom adalah yang kesatu cuma buat memasak nasi, yang kedua cuma untuk memanaskan, dan yang ketiga untuk kedua-duanya. Meskipun penjelasan sederhana ini bisa dianggap benar, tapi sepertinya kurang tepat. Yang benar adalah magicjar dan magiccom itu adalah merek dari Yongma, dan rice cooker adalah nama benda umum tidak terbatas pada Yongma. Rice cooker ada yang bisa memanaskan seperti magiccom dan ada yang tidak (lama). Magicjar sepertinya hanya sebuah jar (kotak penyimpan) tapi dari listrik.
  • Sanyo
    Saya tidak tahu, masih banyak nggak yang menyebut pompa air dengan merek ini.
  • TOA
    Barang koleksi para pendemo dijalan, nama benda ini sebenarnya adalah megaphone. TOA Electronics tidak hanya memproduksi “toa” saja, tetapi juga bermacam-macam

Di era komputer dan internet ini, sepertinya minimal tiga merek ini sangat akrab di telinga setiap orang yang menggunakan internet. Not to mention Windows tentu saja.

  • Photoshop
    adalah sebuah merek perangkat lunak penyunting foto dari Adobe. Meskipun kurang terkenal, misalnya Corel Photopaint, memiliki fungsi yang sama dengan Photoshop.
  • Google
    adalah sebuah merek mesin pencari (search engine) dari Google Inc. Selain Google, ada banyak mesin pencari seperti bing, yahoo, dan baidu.
  • Office: Word, Excel, Powerpoint
    adalah perangkat lunak pengolahan teks, tabel (spreadsheet), dan presentasi dari Microsoft. Meskipun banyak alternatif lain yang lebih murah dan sama persis penggunaannya, sepertinya manusia tidak akan pernah beranjak dari merek ini.

Saya juga pernah mendengar dari teman bahwa di beberapa daerah, Nokia menjadi sebutan untuk semua ponsel. Saya tidak masukkan ke daftar karena saya belum pernah mendengarnya secara langsung.


Obat-obatan

Beberapa obat-obatan yang sangat sering kita gunakan sehari-hari kita panggil dengan mereknya. Tidak lain dan tidak bukan karena nama aslinya sangat panjang, susah ngomongnya.

  • Antimo => obat mabuk kendaraan
    Kayaknya repot banget ya kalau kita bertanya “punya obat mabuk kendaraan nggak?“, mendingan bertanya dengan “punya antimo nggak?” bukan?
  • Autan => obat nyamuk oles
    Saya sering memakai autan merek Soffel.
  • Hansaplast => perban adesif, penutup luka, plester
    Ada juga penutup luka merek Tensoplast loh. Saya baru sadar bahwa kata plester ternyata terdaftar di KBBI.
  • Betadine => obat luka, obat merah
    Nah, saya tidak tahu obat merah selain merek Betadine apa ya?
  • Salonpas => koyok
    Saya juga tidak tahu koyok selain Salonpas. Ada yang tahu?

Saya juga pernah mendengar kalau OBH sempat menjadi pengganti bagi obat batuk. Tidak tahu kalau sekarang. Tolak Angin juga sepertinya dapat dimasukkan dalam daftar, sayang Antangin cukup mengimbanginya.


Kendaraan

Kendaraan eksotik ini memang menguasai pangsa pasarnya dan sangat terkenal, sampai susah memikirkan merek lain selain mereka.

  • Colt
    adalah merek dari Mitsubishi, merujuk kepada minibus yang biasa dipakai masyarakat pedesaan sebagai transportasi umum antar desa.
  • Fuso
    juga merek dari Mitsubishi, merujuk kepada truk angkut atau tronton kali ya.
  • Jeep
    adalah perusahaan pembuat mobil SUV dari Amerika yang dibawahi oleh Chrysler Group LLC. Bentuk mobilnya sangat khas seperti mobil militer, sehingga kalau orang menyebut merek ini langsung tahu yang dimaksud yang seperti apa.
colt-t120-klasik-minibus freedom-model Fuso biasa Fuso masa depan

Menurut beberapa teman juga di daerah ada yang menyebut semua sepeda motor dengan sebutan Honda. Tidak tahu apakah ini benar atau tidak, dan di daerah mana. Kijang juga sempat menjadi raja permobil-keluargaan, sampai-sampai masuk buku pelajaran bahasa Indonesia saat membahas majas metonimia. Bapak pergi menggunakan Kijang hijau. 


Alat Tulis Kantor

Beberapa alat tulis kantor yang kita gunakan namanya aneh-aneh, kenapa merek berikut ini bisa jatuh ke metonimia tidak bisa saya tebak.

  • Pylox => cat semprot aerosol
  • Aslinya adalah sebuah merek dari Nippon Paint.
  • Stabillo => pena sorot, highlighters
    Untuk yang satu ini, bahkan Google Translate menerjemahkan highlighters ke stabilo.
  • Tipp-Ex => cairan koreksi
    Sebuah merek yang kini dmiliki oleh Société Bic.

Alat Dapur dan Rumah Tangga

Di rumah, banyak pula sabun dan alat-alat yang kita sebut dengan merek.

  • BayClin dan blau => pemutih atau bleach. Bayclin dan Blau
    Dahulu banget saya ingat sekali ibu saya sering memakai Blau, sebelum ada merek pemutih lain yang terkenal. Sebenarnya Blau bukan merek sih, dalam bahasa Jerman artinya biru. Serbuk biru pemutih ini biasanay dijual dengan merek lokal, saya tidak tahu ada merek yang terkenal se-nasionalnya atau tidak.
  • Molto => pelembut pakaian
    Biasa digunakan untuk campuran mencuci baju. Alternatif lain biasanya adalah So Klin.
  • Pampers => popok bayi
    Sepertinya setiap orang tua pasti membeli produk ini.
  • Pepsodent => pasta gigi
    Sebagai odol modern, Pepsodent sepertinya produk pasta gigi paling mainstream. Padahal banyak pasta gigi merek lain, seperti OralB, Formula, dll.
  • Rapika => parfum-pelicin pakaian
    Biasanya digunakan untuk menyempot kemeja atau celana saat menggosok. Sepertinya banyak pilihan merek lain selain merek ini.
  • Rinso => sabun cuci baju?
    Apalagi merek yang satu ini, banyak sabun cuci lain yang juga terkenal dan keberadaannya di daftar ini juga cukup diragukan.
  • Sunlight => sabun cuci piring
    Idem dengan Rinso.
  • Tupperware => wadah makanan
    Saya sebenarnya bingung sendiri kenapa semua ibu-ibu itu sepertinya hobi dengan wadah makanan yang satu ini. 

Home and Kitchen bermerek

  • Thermos => wadah air panas, botol vakum
    thermos
    Sesampai di jepang, akhirnya saya tahu bahwa termos alias thermos itu adalah merek vacuum flask. Sangat maklum, karena penemu teknologi botol vakumnya sendiri, Sir James Dewar, yang menamai benda ini Thermos dan menjadikannya merek komersial dan sebuah perusahaan pada 1904. Di US sendiri, kini “Thermos” sudah menjadi merek generik semenjak 1963. Dengan kata lain, seperti di Indonesia, Thermos tidak lagi dan tidak boleh lagi dijadikan merek.

Barang Lain dan Penutup

Dalam sejarah dunia, ada banyak sekali merek yang tahu menjadi metonimia seperti di atas, mungkin berbeda-beda tergantung negara. Daftar di ataas adalah merek yang menjadi umum pada negara kita Indonesia. Terdapat juga merek yang lumayan dikenal di Indonesia yang mungkin semenjak diimpor sudah bukan dianggap merek lagi. Beberapa di antaranya adalah merek-merek berikut ini yang sama sekali tidak terkesan sebagai merek.

  • Aspirin
    yang merupakan nama merek acetylsalicylic acid  oleh Bayer Healthcare, LLC. Ditemukan tahun 1897, obat ini salah satu yang paling banyak digunakan di dunia. Bayer masih memegang merek Aspirin di beberapa negara.
  • Dry Ice
    atau es kering di Indonesia sebenarnya merupakan merek yang dimiliki oleh DryIce Corporation dari tahun 1925. Nama seharusnya adalah CO2 padat.
  • Escalator
    alias tangga berjalan adalah merek yang awalnya dimiliki oleh  Otis Elevator Company. Tahun 1950, perusahaan tersebut kehilangan haknya terhadap merek “Escalator” dan kata ini menjadi umum
  • Ping Pong
    alias tenis meja sebenarnya sudah umum digunakan dari tahun 1800 sampai di-trademark oleh  J. Jaques & Son Ltd pada 1901. Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan olahraga ini secara resmi tidak boleh menggunakan kata “Ping Pong”.
  • Yoyo
    merupakan merek milik Duncan dari tahun 1929 hingga digenerisasi oleh pemerintah US tahun 1965.
  • Zipper
    atau Ritsleting dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Belanda. Benda ini dipatenkan dan dijual oleh Gideon Sundback dari 1917. Nama generiknya? Entahlah… Penutup bergerigi?

Dan masih banyak lagi, misalnya Frisbee (disk lempar oleh Wham-O), Jet Ski (kendaraan air pribadi oleh Yamaha), dan Styrofoam (extruded polystyrene foam oleh Dow Chemical). Masih banyak juga merek yang jadi seperti nama benda tetapi hanya untuk kalangan tertentu saja, misalnya kimiawan atau programmer saja yang merasa bahwa itu bukan merek padahal merek. Baca juga halaman wikipedia List of generic and genericized trademarks dan baca juga 24 Trademarked Brands That Everyone Uses As Generic Names.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s